Fierly.

Para pembicara daat diskusi di Unma, Banten.

Jadilah Pemilih yang Cerdas

  Editor : 

 

PANDEGLANG - Fungsionaris DPD Partai Demokrat Provinsi Banten Taufiqurokhman menuturkan, setiap partai politik (parpol) menyerahkan daftar caleg sementara (DCS) pada 9-22 April 2013. Saat ini Partai Demokrat akan mendorong akder-kader muda untk tampil di pentas politik nasional untuk mematangkan serta meningkatkan kapasitasnya.

Pernyataan itu disampaikan Taufik ketika tampil sebagai pembicara diskusi interaktif yang digelar BEM FISIP Universitas Mathlaul Anwar (Unma) Banten, di Pandeglang, Sabtu (13/4). Tema diskusi adalah Sosialisasi Gerakan Pemilih Pemula Pemilu Cerdas.

Diskusi berlangsung di Gedung FKIP Unma. Selain Taufik, hadir dalam acara tersebut dari KPU Pandeglang, dan dosen Unma Mahyupi.  Menurut Taufik, yang saat ini sedang menyelesaikan kuliah doktoral di Unpad Bandung, pelaksanaan diskusi yang diselegarakan BEM sudah baik, tinggal diintensifkan dengan mengajak kampus-kamnpus lain untuk bergabung dan mengajak investor dari luar agar mau membiayai membentuk lembaga-lembaga pengawas pemilu seperti yang pernah dilakukanya saat dirinya masih menjadi mahasiswa.

"Kegiatan produktif seperti ini harus menjadi tradisi bagi kalangan mahasiswa karena ini menjadi educated tersendiri. Selain belajar berpolitik akademis dan mengawasi pelaksanaan pemilu, juga melaksanakan pendidikan pada para pemilih pemula agar bisa memilih wakilnya kelak merepresentasikan kebutuhan masyarakat sehingga tidak beli kucing dalam karung," ujarnya.

Dalam diskusi tersebut Taufik membenarkan pendapat Mahyupi bahwa kampus harus menjadi laboratorium politik dan mencetak serta mengontrol pelaksanaan pemilu legislatif dan pilpres 2014. Kampus Unma, menurut Taufik, harus bisa membuat kelompok civil society yang lebih berdaya serta berfungsi sebagai pengawas (wasit) dalam pemilu yang akan datang.

Di akhir pembiacaraan, Taufik yang kini menjabat selaku Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten, mengajak masyarakat agar lebih aktif menyalurkan suara mengenai pelaksanaan pemilu ke depan. "Serta menjaga agar pemilu dapat dilaksanakan secara tertib dan aman dengan tetap berasaskan pada luber," tegasnya. (FIERLY)

 



Tag : Pemilu 2014