Berita Utama

Apdesi Ancam Gugat Pemkab Serang

  Editor :  Ade Jahran

 

TUNJUNGTEJA – Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Banten mengancam akan menggugat Pemkab Serang. Gugatan tersebut akan dilayangkan Apdesi jika Pemkab tidak membiayai pemilihan kepala desa (pilkades) putaran kedua Desa Pudar, Kecamatan Pamarayan.

“Saya kecewa terhadap pernyataan Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Kabupaten Serang yang menyerahkan biaya pilkades putaran kedua kepada masyarakat,” kata Ketua Apdesi Banten Achmad Hidir kepada wartawan, Kamis (25/4).

Dia menjelaskan, dalam Perda 9/2006 BAB XIII yang mengatur mengenai Biaya Pilkades, Pasal 52 ayat 1 berbunyi, biaya penyelenggaraan pilkades dibebankan kepada APBD. Pada ayat 2, pembebanan biaya dari APBD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) besarannya ditetapkan oleh Bupati. Jadi, tidak ada dalam Perda yang menerangkan bahwa biaya pilkades dibebankan secara swadaya kepada masyarakat. Apalagi, calon kepala desa yang bertarung dalam pesta demokrasi tersebut. “Pemkab harus bertanggung jawab dan harus membiayai pilkades tersebut,” tegasnya.

Pada Pilkades Pudar, 14 April 2013, dua calon kades bernama Sakar (bendera merah) dan Zaed Mukhlis (bendera hijau) mengumpulkan suara sama sebanyak 917 suara. Sedangkan tiga calon lainnya yaitu Mangsur (bendera biru) 793 suara, Rusman (bendera kuning) 688 suara, dan Dahlani (bendera cokelat) 150 suara.

Pilkades yang berakhir imbang tersebut harus diulang dan diikuti dua calon kades yang mendapatkan suara terbanyak. Namun, Pemkab tidak memiliki anggaran untuk pilkades putaran dua dan menyerahkan semuanya kepada masyarakat agar membiayai pilkades secara swadaya.

Kepala Bagian Pemdes Setda Kabupaten Serang Rudi Suhartanto meminta kepada Apdesi jangan ancam mengancam seperti itu. Dia ingin, pilkades Pudar diserahkan kepada mekanisme yang berlaku. Apalagi, panitia bersama aparat kecamatan sedang mempersiapkan pilkades. Ketika ditanya darimana anggarannya? Mantan Camat Ciruas ini tidak menanggapinya. “Soal itu, kita bicarakan nanti. Yang jelas, panitia dan pihak kecamatan sedang mempersiapkan pilkades putaran kedua,” jelasnya. (Mastur)


Tag : pilkades

Site:

 

 

Radar Banten Group :

Radar Banten

Banten Raya

Tangerang Ekspres

Percetakan Radar

Baraya TV

Radar Arena

Radar Banten Promosindo

 

Redaksi

Info Iklan

Karir

Hubungi Kami

Peraturan

Copyright Radar Banten 2014 . All rights reserved

Radar Banten Group