Pengiriman Data Pemilih Pemilu ke KPU Kabupaten Serang Molor

  Editor : 

 

SERANG - Pengiriman data pemilih Pemilu 2014 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang terlambat. Seharusnya data itu sampai ke KPU Kabupaten Serang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) paling lambat 31 Maret lalu, tetapi baru bisa diterima oleh KPU Kabupaten Serang pada 24 April 2013. Data pemilih yang disampaikan itu adalah hasil perpaduan antara daftar penduduk potensial pemilih Pemilu (DP4) dengan data pemilih Kabupaten Serang pada Pemilu terakhir, yaitu Pilgub Banten. Data pemilih itu sebagai bahan untuk pemutakhiran data pemilih di kabupaten/kota. 

"Akibat pengiriman yang telat itu waktu kita untuk verifikasi atau coklit (pencocokan dan penelitian) tinggal satu bulan lagi, karena jadwal verifikasi hanya sampai 9 Juni," kata Anggota KPU Kabupaten Serang Irfi Azis, Minggu 5 Mei 2013. 

Data dari Kemendagri itu selanjutnya oleh KPU Kabupaten Serang dibuat data pemilih per Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk dilakukan coklit oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih). "Sekarang sedang ciptakan TPS-TPS dengan merujuk pemilih terakhir, yaitu 2.308 TPS dengan jumlah pemilih per TPS 600 orang. Kalau untuk sekarang per TPS 500 orang. Jadi, total TPS-nya 2.470 TPS," katanya. 

Data per TPS itu, kata Irfi, akan disampaikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk diserahkan ke Pantarlih untuk dilakukan verifikasi faktual atau coklit. "Pantarlih satu orang per TPS. Pantarlih saat coklik  dibekali stiker dan form bukti telah dimutakhiran rangkap dua. Harapannya saat di-coklit bisa tunjukkan KK (kartu keluarga)," katanya. 

Irfi mengaku, belum bisa memastikan DPS Pemilu 2014 di Kabupaten Serang, karena masih diproses. "Yang jelas DP4 1.075.993 orang, DPT terakhir 1.022.112 orang. Hasilnya adalah DPS kemungkinannya lebih banyak, karena ada penambahan dari DPT," katanya. 

Irfi juga mengatakan,  pertambahan penduduk terjadi karena ada TNI/Polri pensiun. "Terus di Kabupaten Serang ini pertambahan penduduk abnormal, yaitu tidak hanya dari kelahiran, tapi karena ada yang migrasi juga," katanya. (SUTANTO)



Tag : Pemilu 2-14