37 KK di Kecamatan Kopo Belum Nikmati Listrik

  Editor :  Aas Arbi

 

SERANG – Sekitar 37 kepala keluarga (KK) di Kampung Kalimati, Desa Carenang Udik, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang belum menikmati listrik lantaran belum memiliki biaya pemasangan kepada PLN.

“Mereka hanya nyalur pakai kabel dari warga yang sudah masang listrik,” kata Camat Kopo Iskandar saat dihubungi Tangerang Ekspres (Radar Banten Group), Selasa (7/5).

Menurut Iskandar, pihaknya sudah mengajukan pemasangan listrik untuk warga tidak mampu ke dinas terkait, tapi sampai saat ini belum ada kabar pemasangannya. “Kita sudah tiga kali mengajukan waktu masih Distamben (Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Serang). Sampai sekarang sudah ganti nama DKPESD (Dinas Kelautan Perikanan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Serang), pemasangan belum ada,” katanya.

Kepala Bidang Energi DKPESDM Kabupaten Serang Heryadi Sena Aji mengatakan, sampai sejauh ini belum ada proposal pengajuan pemasangan listrik untuk warga tidak mampu asal Kampung Kalimati, Desa Carenang Udik, Kecamatan Kopo.

“Kalau dari sana (proposal dari Kampung Kalimati) belum ada. Saya baru tahu dari bapak (wartawan-red). Enggak tahu kalau pengajuannya ke provinsi. Tapi kita akan coba cari ke lapangan,” ujarnya.

Menurut Heryadi, Pemkab Serang sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 2,5 miliar pada APBD Tahun Anggaran 2013 untuk pemasangan listrik bagi warga yang tidak mampu di Kabupaten Serang sebanyak 930 KK. Dana itu untuk dua kegiatan, yaitu pemasangan KWh serta pemasangan tiang dan jaringan masing-masing sebesar Rp 1,25 miliar. Pengerjaan akan dilakukan Mei sampai Juni ini.

“Dana itu untuk KK yang sudah mengajukan proposalnya ke kita, sekitar 20 desa. Kalau di Desa Carenang Udik memang benar ada yang belum teraliri listrik, mungkin akan diajukan di APBD perubahan,” ujarnya. (SUTANTO)



Tag : listrik