BPKP Audit Honorer K1 Pemkab Serang

  Editor : 

 

SERANG – Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI mengaudit dokumen tenaga honorer kategori 1 (K1) Pemkab Serang. Audit itu dilakukan untuk memastikan kebenaran tenaga honorer K1 Pemkab Serang sebanyak 658 orang, dilihat dari aspek keuangan.

“Petugas BPKP yang mengaudit sebanyak tujuh orang. Audit dilakukan sejak kemarin (Senin, 13/5) sampai Sabtu (18/3),” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Serang Rif’ah Maftuti saat ditemui usai menerima peserta Diklatpim Kabupaten Aceh Utara di Aula Tb Suwandi Pemkab Serang, Selasa (14/5).

Dikatakan, dokumen tenaga honorer K1 yang akan diaudit BPKP antara lain surat pertanggungjawaban (SPJ) pembayaran honor bagi mereka beserta asal dananya. “Untuk GBS (Guru Bantu Sekolah) dicek benar tidak dana untuk membayar honornya dari pusat,” katanya. Hasil audit itu akan disampaikan ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI untuk dipastikan mereka tahap selanjutnya memenuhi kriteria atau tidak.

Ditanya apakah dari 658 tenaga honorer K1 itu ada yang sudah memasuki masa pensiun dan meninggal dunia, Tuti mengatakan, pihaknya belum mengetahuinya. “Kayaknya masih jauh-jauh jarak pensiunnya,” katanya.

Adapun terkait tenaga honorer kategori 2 (K2) Pemkab Serang sebanyak 1.768 orang, Tuti mengatakan, saat uji publik banyak warga yang komplen, termasuk dari Forum Honorer Indonesia (FHI) Provinsi Banten. “Mereka mempersoalkan adanya nama sekolah yang sama tapi orangnya beda,” katanya. (SUTANTO)



Tag : CPNS