Berita Utama

Ada LSM Bodong di Kota Cilegon

  Editor :  Ade Jahran

 

CILEGON - Hingga akhir April 2013, Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Cilegon mencatatkan sebanyak 86 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kota Cilegon yang telah terdaftar. Jumlah itu, menurut Tb Didi Sukriadi, selaku Kepala Kesbanglinmas Cilegon, ditetapkan setelah pihaknya melakukan pendataan dan pembinaan terhadap sejumlah LSM. Pada akhir tahun lalu, Kesbanglinmas mencatatkan ada 74 LSM yang terdaftar. Dengan kata lain dalam kurun waktu empat bulan, lahir sebanyak 12 LSM.

"Jenisnya macam macam. Mulai dari yang bergerak dibidang kemasyarakatan hingga keagamaan," ujar Didi kepada radarbanten.com, Rabu 15 Mei 2013.

Meskipun begitu, imbuh Didi, dirinya berharap kepada masyarakat yang ingin mendirikan LSM, hendaknya mengikuti peraturan yang berlaku. "Ikuti aturannya saja. Yang terpenting mereka dapat memenuhi syarat antara lain akta pendirian, punya AD/ART yang jelas, dan ada SK penetapan pengurus, memiliki program kerja dan alamat sekretariat yang jelas, juga harus memiliki NPWP lembaga, karena mereka juga merupakan organisasi yang menjadi wajib membayar pajak," tambahnya.

Persyaratan itu, lanjut Didi, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatan.  Didi juga tidak menampik keberadaan LSM bodong di Kota Cilegon. "Memang tidak banyak, tapi faktanya LSM bodong itu ada. Mereka melakukan aksi, tapi ketika kita telusuri ternyata alamat dan pengurusnya pun tidak jelas," pungkas Didi.

Secara hakiki, LSM menurut Didi, sesungguhnya adalah mitra pemerintah untuk menampung aspirasi masyarakat untuk selanjutnya disampaikan kepada pemerintah. (Devi Krisna)


Tag : LSM Cilegon

Site:

 

 

Radar Banten Group :

Radar Banten

Banten Raya

Tangerang Ekspres

Percetakan Radar

Baraya TV

Radar Arena

Radar Banten Promosindo

 

Redaksi

Info Iklan

Karir

Hubungi Kami

Peraturan

Copyright Radar Banten 2014 . All rights reserved

Radar Banten Group