#

Pilkades 2014 di Kabupaten Serang Diminta Dimajukan

Editor : Krisna Widi Aria

SERANG – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 150 desa di Kabupaten Serang pada 2014 diminta dimajukan ke 2013. Karena pada 2014 Pilkades akan berbarengan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Kalau tetap dilaksanakan di 2014 khawatir tidak tertangani dan dana yang dibutuhkan juga besar, Rp 17 miliar. Sementara Pemda (Pemkab Serang) harus menyiapkan dana pendamping untuk Pemilu dan Pilpres juga untuk pengamanan. Jadi, kalau dibarengkan dananya bisa habis,” kata Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Serang Abdul Muhyi saat dihubungi Tangerang Ekspres, Minggu (19/5).

Menurut Muhyi, Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) Kabupaten, Badan Pemerintahan Desa (BPD), dan calon kepala desa meminta kepada Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Serang untuk memajukan pelaksanaan Pilkades itu. Untuk kepala desa yang masa jabatannya habis pada bulan satu, dua, tiga, dan empat 2014 agar dimajukan ke 2013. “Kalau yang masa jabatan kepala desanya habis bulan lima ke sana, itu dilaksanakannya setelah Pilpres,” katanya.

Muhyi mengatakan, sejauh ini belum ada aturan untuk memajukan pelaksanaan Pilkades 2014. Karena itu diminta agar Bagian Pemdes berkonsultasi ke Direktorat Jenderal Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI. “Atau mengirim surat permohonan agar pilkades dimajukan,” katanya.

Sekretaris BPD Sujung, Kecamatan Tirtayasa Samsudin mengatakan, pihaknya ingin agar Pilkades Sujung dimajukan pelaksanaannya tahun ini, karena tahun depan berbarengan dengan Pemilu dan Pilpres. “Kalau berbarengan pasti akan repot,” ujarnya. Meski begitu, kata Samsudin, pihaknya ingin agar Pilkades yang dimajukan itu ada landasan hukumnya, sehingga hasilnya ada legalitas hukumnya. (SUTANTO)***

Tags: Pemkab Serang

 
Tinggalkan komentar

Berita Terkait

1 Komentar

  • Photo

    andi

    kalo bisa dipertajam beritanya, desa mana saja yg dimajukan dan desa mana saja desa yg di setelah pilpres. soalnya Desa Pangawinan kecamatan bandung belum ada kepastian, sedangkan balon sudah bermunculan. terimakasih. #warga peduli pilkades

    reply

Tuliskan Komentar Anda

(Wajib Diisi)
(Wajib Diisi)