Berita Utama

Replikasi PNPM Mandiri Marak Pungli

  Editor : 

 

TANGERANG -Program Replikasi PNPM Mandiri tahun 2013 yang dicanangkan Pemkab Tangerang menjadi lahan pungutan liar. Sebelum dana tersebut dicairkan, pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) diminta untuk menyetor uang ke Forum BKM Kabupaten Tangerang.

Mantan tenaga fasilitator program Repilkasi PNPM Mandiri Kabupaten Tangerang Ade Rochim mengatakan, sebelum dana PNPM dicairkan ke BKM sebanyak 274 BKM yang ada di Kabupaten Tangerang diminta menyerahkan uang sebesar Rp 250 ribu. "Uang sebesar itu dikatakan untuk mempercepat proses pencairan dana replikasi PNPM tahun 2013 yang mencapai kurang lebih Rp 46 miliar," ujar Ade Rochim, Rabu (22/5).

Ade mengaku tidak mengetahui benar atau tidaknya uang tersebut untuk pencairan. Sebab,  tidak lama kemudian yakni sekitar tanggal 10 April 2013, dana replikasi PNPM Mandiri tahun 2013 diberikan. "Jadi kalau BKM di Kabupaten Tangerang tercatat sebanyak 274 BKM, maka uang yang terkumpul dari pungutan itu mencapai kurang lebih Rp 68.500.000," katanya.

Pernyataan Ade Rochim dibenarkan Ketua Forum BKM Kabupaten Tangerang Djoko Susilo. Bahkan  Djoko mengaku dirinya juga sempat dimintai uang tersebut, meskipun dirinya  sebagai Ketua Forum BKM Kabupaten Tangerang.  "Saya juga dipungut besaran yang serupa, sebab kebetulan saya salah satu ketua BKM di Kecamatan Curug," beber Djoko. (JUANDA)


Tag : PNPM

Site:

 

 

Radar Banten Group :

Radar Banten

Banten Raya

Tangerang Ekspres

Percetakan Radar

Baraya TV

Radar Arena

Radar Banten Promosindo

 

Redaksi

Info Iklan

Karir

Hubungi Kami

Peraturan

Copyright Radar Banten 2014 . All rights reserved

Radar Banten Group