Berita Utama

Peserta sosialisasi.  ( Marjuki )

Ratusan Notaris dan PPAT Ikut Sosialisasi Fidusia

  Editor :  Ade Jahran

 

SERANG - Sebanyak 503 notaris atau pejabat pembuat pembuat akta tanah (PPAT) mengikuti sosialisasi pendaftaran jaminan fidusia secara elektronik yang digelar Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM, di Hotel Le Dian, Kota Serang, Kamis, 30 Mei 2013.

Hadir sebagai narasumber Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkum HAM Banten  Sefrizal, Endah Widyaningsih dari Dirjen AHU Kemenkum dan HAM, dan Kepala BNI Cabang Serang Benyamim M Sianipar.

Kepala Kemenkum dan HAM Banten Imam Santoso yang membuka acara itu mengatakan bahwa terhitung Oktober 2012 sampai Februari 2013 jumlah pendaftaran jaminan fidusia di Kanwil Kemenkum HAM Banten mengalami lonjakan. Setiap hari, lanjutnya, lebih dari 1.000 hingga 2.000 berkas yang masuk. "Kanwil Hukum dan HAM sebagai direktorat yang berwenang menangani urusan pendaftaran fidusia telah berusaha mengeluarkan kebijakan, salah satunya pemberlakuan sistem pendaftaran jaminan fidusia secara online," kata Imam.

Imam menjelaskan, selain untuk menyeimbangi permohonan pendaftaran fidusia yang tinggi, juga untuk memangkas waktu pendaftaran yang lebih singkat. "Ini juga untuk meminimalisir pungutan liar," jelasnya.

Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tetap dalam penguasaan pemilik benda.  Jaminan Fidusia adalah jaminan kebendaan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun tidak berwujud sehubungan dengan hutang-piutang antara debitur dan kreditur.

Jaminan fidusia diberikan oleh debitur kepada kreditur untuk menjamin pelunasan hutangnya. Jaminan fidusia diatur dalam Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia. 

Sebelum berlakunya Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia, jaminan fidusia biasanya digunakan oleh lembaga pembiayaan atau leasing. (MARJUKI)

 


Tag : Kemenkum dan HAM Banten

Site:

 

 

Radar Banten Group :

Radar Banten

Banten Raya

Tangerang Ekspres

Percetakan Radar

Baraya TV

Radar Arena

Radar Banten Promosindo

 

Redaksi

Info Iklan

Karir

Hubungi Kami

Peraturan

Copyright Radar Banten 2014 . All rights reserved

Radar Banten Group