9 Sekolah Uji Coba Kurikulum 2013

  Editor : 

 

SERANG – Sembilan sekolah setingkat SMP dan SMA di Kabupaten Serang akan melakukan uji coba penerapan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013-2014. Sekolah itu terdiri atas lima SMP meliputi SMPN 1 Anyar, SMPN 1 Kramatwatu, SMPN 1 Kragilan, SMPN 1 Cikande, dan SMPN 1 Pabuaran; dan empat SMA meliputi SMAN 1 Ciruas, SMAN 1 Kramatwatu, SMAN 1 Anyar, dan SMAN 1 Kibin. Adapun sekolah lainnya akan diberlakukan mulai tahun ajaran 2014-2015.

“Kita sudah ajukan kesembilan sekolah ini ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Serang Daud Fansuri, Selasa (4/6).

Menurut Daud, kesembilan sekolah itu dipilih sebagai sekolah uji coba penerapan kurikulum 2013 itu dilihat dari kesiapan, daya tampung, tingkat kelulusan UN, dan jumlah siswa per rombongan belajar (rombel) yang tidak boleh lebih dari 32 siswa per kelas. “Guru-guru di sembilan sekolah itu akan diberikan pelatihan tentang kurikulum 2013. Dari mereka diharapkan bisa menyampaikan ke guru-guru di sekolah lain di Kabupaten Serang,” katanya.

Daud mengatakan, dari uji coba itu akan diketahui apakah sekolah-sekolah di Kabupaten Serang sudah siap menerapkan kurikulum 2013 atau tidak. Kata Daud, pihaknya sudah mengusulkan anggaran untuk pelatihan menyongsong kurikulum 2013 ke Pemkab Serang. Diharapkan anggaran itu bisa cair di APBD perubahan ini. “Dari pusat jug ada bantuan berupa buku paket dan pelatihan-pelatihan,” katanya.

Yang membedakan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya, kata Daud, adalah di kurikulum 2013 ada penambahan mata pelajaran agama per kelasnya. “Begini contohnya kita ini boleh pintar, cerdas, tapi kepintaran dan kecerdasan itu harus dibingkai oleh karakter bangsa. Mata pelajaran ada yang ditambah seperti pendidikan agama dan akhlak,” katanya. (SUTANTO)



Tag : Kurikulum 2013