Menteri Agama Hadiri Peresmian Pembangunan Madrasah di Kota Serang

  Editor :  Krisna Widi Aria

 

SERANG- Menteri Agama RI Suryadharma Ali sebagai dan Walikota Serang Tb Haerul Jaman menghadiri acara peresmian dan peletakan batu pertama pembangunan gedung madrasah dan berdirinya MTs Nurul Ikhlas di Legok, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Senin (10/6). Keduanya hadir sekira pukul 09.35 WIB didampingi oleh Ketua Yayasan Nurul Ikhlas Wawan Wahyudin.

Suryadharma Ali dalam sambutannya mengatakan madrasah dan pndok pesantren adalah wadah pendidikan yang sudah berusia ratusan tahun. Menteri Agama lalu mengajak semua hadirin untuk membayangkan bila saja sejak dulu tidak ada madrasah atau pondok pesantren, tentu banyak manusia Indonesia yang buta huruf.

"Ini merupakan pengabdian untuk membangun menuju kemajuan. Sebanyak lebih dari 90 persen madrasah dimiliki swasta,dan sisanya dimiliki pemerintah yang di mana semua biaya pembangunan maupun gaji guru didanai oleh pemerintah," jelas Menteri Agama.

Untuk itu, Menteri Agama juga meminta semua pihak untuk tidak mengharamkan dana APBD untuk biaya pendidikan agama, karena sudah dianggarkan 20 persen oleh pemerintah. Ia pun memberikan ketegasan kembali bahwa pendidikan untuk semua, tidak ada pandang bulu semua untuk masyarakat semiskin apa pun pantas untuk mengenyam pendidikan.

"Tidak pantas untuk tidak sekolah semua, harus ada koreksi dalam demokrasi pemerintah jika terjadi ada hal seperti ini bila anak-anak tidak bisa sekolah. Saya terus memberi apresiasi untuk anak-anak madrasah maupun pondok pesantren yang terus menerus memberikan prestasi di nasional maupun internasional," tambahnya.

Sementara Walikota Serang Tb Haerul Jaman menyatakan rasa harunya dengan berdirinya madrasah ini. "Apalah artinya kemajuan fisik bila pendidikan tidak berjalan. Di sini tumbuh kembang lagi madrasah di Kota Serang, tentunya kita butuhkan dalam percepatan pembangunan sebagai modal dasar untuk putra-putri bangsa. Banyak sekali sekolah-sekolah yang menanam nilai dasar pendidikan tetapi akan kurang jika belum dibekali nilai agama dalam diri generasi bangsa," ungkap Jaman.(BEMBY)***



Tag : Suryadharma Ali