#

Tiga Gedung di PT Nikomas Terbakar

Editor : Aas Arbi

SERANG - Gedung produksi 11, 12, dan 13 PT Nikomas Gemilang, Jalan Raya Serang Km 71 Kibin, Kabupaten Serang, Senin (8/7/2013) pukul 18.30 WIB, terbakar. Gedung ini tempat memproduksi sepatu Adidas.

Jamilah, salah satu karyawati, mengaku sedang berada di mess yang tidak jauh dari lokasi kebakaran. "Saya lagi nonton tivi. tiba-tiba denger teriakkan dari luar. Saya keluar, api sudah terlihat membakar tiga gedung," tutur Jamilah di luar gerbang PT Nikomas Gemilang saat terjadi kebakaran.

Karyawati yang tinggal di mess berada di luar gerbang pabrik hingga pukul 22.30 WIB. Dari dalam terdengar sirine mobil pemadam kebakaran. Karyawan berusaha menyelamatkan diri, terutama mereka yang mess-nya tak jauh dari lokasi kebakaran.

"Setahu saya ruang produksi tidak ada penggunaan api secara langsung. Di dalamnya hanya ada mesin besar, seperti spray, sewing, dan mesin tabung untuk proses finishing. Jadi nggak ada yang menggunakan api, tapi semuanya menggunakan listrik," kata Heni, salah seorang karyawati.

Menurut Heni, pada waktu kebakaran sekira pukul 18.30 WIB, karyawan shift dua (malam-red) sedang bekerja di gedung tersebut. "Kalau di tempat saya bekerja ada sekira 500 orang dalam satu gedung. Kebetulan gedung yang terbakar lebih besar ukurannya dari gedung tempat saya bekerja. Mungkin karyawan yang ada di dalamnya lebih dari 500 orang," ungkapnya.

Galuh, karyawati yang juga tinggal di mess yang tak jauh dari lokasi kejadian, mengatakan, setiap gedung dijaga dua orang satpam. Di dalam gedung menampung kurang lebih 500 orang karyawan. "Kalau di gedung Nike tempat saya kerja ada 500-an orang. Kalau Adidas lebih dari 500 orang," ungkap Galuh kepada wartawan.

Kapolres Serang AKBP Yudi Hermawan, Kapolsek Cikande Kompol Eko Gemilang, dan Camat Kibin Nanang Supriyatna memantau kondisi kebakaran. Api dapat dipadamkan sekira pukul 21.30 WIB  oleh tim pemadam kebakaran.

Polisi belum dapat memastikan penyebab kebakaran dan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. (Wahyudin)

Tags: PT Nikomas Gemilang

 
Tinggalkan komentar

Berita Terkait

Tuliskan Komentar Anda

(Wajib Diisi)
(Wajib Diisi)