( net )

Polair Siapkan 16 Kapal Patroli Amankan Arus Mudik

  Editor :  Krisna Widi Aria

 

MERAK - Pol Air Polda Banten Menurunkan 16 Kapal patroli Untuk mengamankan arus mudik lebaran  dan juga  1 helikopter. Demikian katakan Dirpolair Polda Banten Kombes Pol Imam Thobroni kepada radarbanten.com, di Merak, Sore tadi.

"Untuk pengamanan kondisi penyeberangan di Perairan Selat Sunda, kami siapkan sebanyak 16 kapal patroli untuk siap siaga arus mudik nanti,"terangnya.

Dijelaskan, bahwa diantara 16 kapal patroli yang disiagakan, dua diantaranya dengan mendatangkan 2 buah kapal dari Markas Besar Polri."Saat ini kapal kami yang ada 14unit, nanti mendekati arus mudik, 2 Kapal akan datang dari Mabes, kesemuanya kamis siagakan bilamana ada laka laut yang terjadi," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya memonitoring keamanan di Perairan Merak yang menjadi sentral terpadat arus mudik, pihaknya juga menyiagakan kapal untuk pengamanan laut di Perairan Anyer saat liburan lebaran.

"Bukan hanya arus mudik di Pelabuhan Merak saja yang kami lakukan pantauan dan pengamanan, kondisi saat hari libur lebaran di Anyer juga menjadi konsentrasi kami. Yang pasti kapal siap siaga juga di Anyer, karena di sana banyak yang berlibur, tidak lepas dari tanggung jawab kami untuk menjaga teritorial keamanan di Perairan Anyer," jelasnya.

Selain 16 Kapal patroli yang disiagakan, dengan berkoordinasi dengan Mabes Polri, pihaknya akan menempatkan 1 unit helikopter dalam mengantisipasi keamanan lewat pantauan udara. "Satu helikopter kami siagakan di sini, hal ini kami lakukan untuk memudahkan dalam melakukan pemantauan arus mudik lewat udara. Bukan itu saja, kalau ada kunjungan presiden, menteri atau kapolri, kami sudah siap siaga menfasilitasinya untuk memantau lewat bantuan helikopter," tuturnya.

Di tempat terpisah, Humas Basarnas Jakarta Ramli Prasetio, mengatakan sebagai salah satu lembaga yang bertugas membantu dan melakukan penyelamatan saat kejadian di laut saat arus mudik lebaran ini. Disebutkan, Basarnas sudah menempatkan 1 kapal standby bila terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

"Kapal Basarnas 224 kami sandarkan di Pelabuhan Indah Kiat terhitung H-7 hingga H+7, kami siagakan kapal sampai selama hari  libur Idul fitri ini, bila ada hal-hal yang membutuhkan pertolongan, kami sudah siap di tempat," ungkapnya. (Sefrinal Putra)***


Tag : Arus Mudik 2013