Berita Utama

KMP Windu Karsa Pratama saat menjalani perbaikan.  ( Sefrinal )

Perbaikan KMP Windu Karsa Pratama Tak Kantongi Izin

  Editor : 

 

 MERAK - Perbaikan Kapal Muatan Penumpang (KMP) Windu Karsa Pratama di Pelabuhan Indah Kiat, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, diduga tidak mengantongi izin dari Kantor Syahbandar  Otoritas Pelabuhan (KSOP).  Perbaikan yang sudah berjalan tiga hari itu dilakukan karena rampdoor kapal rusak saat dermaga V Pelabuhan Merak amblas, akhir pekan lalu.

Kepala KSOP Babtis Soegiarto mengatakan, Selasa (30/7/2013), tidak pernah menerima surat pemberitahuan dari perusahaan pelayaran tersebut akan melakukan perbaikan di Pelabuhan Indah Kiat. “Perbaikan KMP Windu Karsa Pratama tidak ada izin dari KSOP, surat pemberitahuan pun dari pihak perusahaan pelayaran tersebut tidak ada. Kita mengetahuinya setelah ada insiden terceburnya crane di pelabuhan tersebut,” ungkap Babtis, Selasa (30/7/2013).

Kepala KSOP sudah memerintahkan anggotanya untuk melakukan pengecekan terhadap kapal tersebut. “Saya sudah suruh kapal untuk tidak melakukan pearawatan di Pelabuhan Indah Kiat, karena pelabuhan itu bukan untuk tempat perawatan kapal akan tetapi tempat aktivitas bongkar muat barang. Nanti saya tegur kepala pelayaranya,”tegas Babtis.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Kesyahbandaran KSOP Thomas Chandra mengatakan, akibat kerusakan itu KMP Windo Karsa Pratama terancam tidak akan beroperasi pada arus mudik nanti. “Saya sudah sarankan akan melakukan perawatan di tempat terdekat seperti Bojonegara,” ujar Thomas.

Kepala Cabang KMP Windu Karsa Pratama Togar Napitupulu saat dihubungi via seluler mengakui tidak memiliki izin perbaikan kapal dari KSOP. "Tadinya hanya sebentar untuk mengangkat rampdoor saja, jadi saya tidak buat surat izin. Tapi karena crane tercebur, jadi sampai tiga hari," ungkap Togar.

Togar menjamin kapalnya bisa melayani arus mudik. "Saya jamin kapal saya bisa untuk arus mudik karena rusaknya tidak parah,"papar Togar. (SEFRINAL PUTRA)


Tag : Dermaga V Pelabuhan Merak

Site:

 

 

Radar Banten Group :

Radar Banten

Banten Raya

Tangerang Ekspres

Percetakan Radar

Baraya TV

Radar Arena

Radar Banten Promosindo

 

Redaksi

Info Iklan

Karir

Hubungi Kami

Peraturan

Copyright Radar Banten 2014 . All rights reserved

Radar Banten Group