#

Usia 15 dan 17 Tahun Diimbau Ikut Perekaman e-KTP

Editor : Aas Arbi

SERANG- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengimbau warga yang berusia di bawah 17 tahun, terutama usia SMA yakni 15 tahun dan 16 tahun segera melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Imbauan melalui surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi Nomor 470.13/1090/SJ yang diterima Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang pada 25 Juli lalu.

Dalam surat edaran itu, disinggung soal daerah yang sudah hampir selesai melakukan perekaman e-KTP. Maka perekaman sidik jari, iris mata, dan pas foto, dikembangkan bagi penduduk yang berumur di bawah usia 17 tahun secara bertahap. Namun tetap memprioritaskan penyelesaian perekaman bagi penduduk wajib KTP.

Sekadar diketahui, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 126 Tahun 2012 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009, yakni mengamanatkan bahwa KTP non-elektronik (KTP lama) hanya berlaku paling lambat 31 Desember 2013. Namun hingga saat ini, sekira 200 ribu warga di Kabupaten Serang belum melakukan perekaman dari sekira 861 ribu wajib KTP.
Kasi Informasi Kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Serang, Witarsono mengatakan, usia di bawah 17 tahun saat ini bisa melakukan perekaman e-KTP.

“Sesuai surat edaran Mendagri, penduduk di bawah usia 17 tahun boleh melakukan perekaman. Namun untuk sementara hanya berlaku bagi usia 15 tahun dan 16 tahun. Bagi warga di bawah usia 17 tahun yang sudah melakukan perekaman, maka e-KTP bakal diserahkan kepada warga yang bersangkutan saat memasuki usai 17 tahun,” kata Witarsono kepada Radar Banten, pekan lalu.

Ia menyatakan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang untuk menyampaikan hal tersebut. Hal ini karena, rata-rata usia 15 tahun dan 16 tahun merupakan para siswa tingkat SMA. “Kami bakal mobile ke lokasi untuk perekaman, melalui operator e-KTP di setiap kecamatan agar mendatangi sekolah. Mudah-mudahan pada 19 Agustus nanti, operator sudah bisa berkoordinasi dengan tiap sekolah,” terangnya.(RB)

Tags: e-KTP

 
Tinggalkan komentar

Berita Terkait

Tuliskan Komentar Anda

(Wajib Diisi)
(Wajib Diisi)