#

Terminal Terpadu Merak Butuh Revitalisasi

Editor : Krisna Widi Aria

Photo
(*)
MERAK – Kondisi Terminal Terpadu Merak (TTM) di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon semakin memprihatinkan. Ini lantaran hampir semua rangka besi, baik tiang maupun bagian penyangga bangunannya sudah keropos karena korosi. Terminal yang dibangun pada awal tahun 2000 itu pun terancam ambruk bila tidak segera dibenahi.

Pantauan *Radar Banten,* Senin (12/8), terminal bus yang berada di ujung barat Pulau Jawa ini ramai aktivitas angkutan arus balik Lebaran. Dari dua lantai bangunan, hanya lantai dasar yang digunakan untuk parkir bus menunggu penumpang dan jual beli makanan. Sedangkan di lantai dua, nyaris tidak ada aktivitas apa pun, selain kantor petugas terminal.

Di tengah hiruk pikuk ramainya angkutan Lebaran, sejumlah warga mengaku khawatir dengan kondisi bangunan terminal yang semakin rapuh. Kondisi ini tampak jelas dari permukaan besi yang berkarat. “Terus terang kami merasa risih, terlebih bila hujan turun disertai angin kencang, atap terminal ini sedikit goyang,” kata Junaedi, salah seorang pedagang makanan.

Sementara anggota DPRD Cilegon dari dapil Kecamatan Pulomerak dan Grogol, Muhammad Ikbal, mengaku sudah sejak dulu mendengar kekhawatiran warga soal TTM. “Semestinya TTM ini sudah kita revitalisasi, sebab secara konstruksi sudah sangat jelas tidak layak. Bagaimana tidak, bangunan di tepi pantai kok modelnya seperti payung, belum lagi rangka besinya yang keropos semua,” ujarnya.

Di bagian lain, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Cilegon Dana Sujaksani mengakui kondisi TTM sudah rusak. Bahkan sering bergoyangnya bangunan TTM saat hujan dan angin kencang pun, Dana mengaku sudah mengetahui. “Memang bangunannya sudah berkarat seperti ini, saya juga terus terang khawatir kalau terjadi apa-apa,” ungkapnya.

Pada RAPBD Perubahan 2013, lanjut Dana, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk memperbaiki bangunan TTM. “Sekarang sedang tahap kajian oleh tim konsultan dari Bandung. Apa pun hasil kajiannya nanti akan kita ikuti, kita harapkan sebelum akhir tahun ini sudah selesai sehingga pembangunan fisik bisa kita lakukan. Namun bila tidak selesai kita akan lanjutkan pada 2014,” katanya. (ibnu)***

Tags: Pemkot Cilegon

 
Tinggalkan komentar

Berita Terkait

Tuliskan Komentar Anda

(Wajib Diisi)
(Wajib Diisi)