( * )

Surat Suara Pilkada Kota Tangerang Ditargetkan Rampung 26 Agustus

  Editor :  Krisna Widi Aria

 

SERANG – Surat suara untuk Pilkada Kota Tangerang sudah rampung dikerjakan oleh pihak percetakan paling lambat pada 26 Agustus 2013. Saat ini proses penggandaan surat suara sudah mulai dilakukan sebanyak 1,2 juta lembar.

Komisioner KPU Provinsi Banten Agus Supadmo mengatakan, saat ini proses percetakan surat suara dilakukan di percetakan PT Trisakti Mustika Graphika Semarang, Jawa Tengah. Untuk anggaran penggandaan surat suara tersebut dialokasikan sebesar Rp1,6 miliar.

“Sebetulnya surat suara pada tahap awal yang dilakukan oleh komisioner KPU Kota Tangerang sudah jadi, tapi surat suaranya masih tiga pasangan calon, bukan pasangan lima calon,” terang Agus yang juga merangkap sebagai Ketua Pokja Logistik KPU Kota Tangerang ketika dihubungi Tangerang Ekspres (Radar Banten Group),Selasa malam.

Menurut Agus, pada tahap awal dana penggandaan surat suara tersebut telah terpakai sebesar Rp700 juta, sedangkan alokasi anggaran penggandaan surat suara untuk pilkada Kota Tangerang sebesar Rp1,6 miliar. Sehingga masih tersisa dana sekitar Rp900 juta. Namun, pihaknya memperkirakan untuk biaya penggandaan surat suara pada tahap kedua ini hampir sama dengan biaya pada tahap awal.

“Biayanya diperkirakan tidak terlalu jauh, hanya saja surat suara kali ini lebih lebar saja dibandingkan surat suara di tahap pertama, karena surat suara yang dicetak pada tahap kedua ini ada lima pasangan calon,” terangnya.

Dijelaskan Agus, surat suara yang sudah digandakan pada tahap pertama yang hanya berisi tiga pasangan calon, gugur tidak bisa digunakan. “Kita sudah meminta kepada pihak percetakan surat suara tersebut agar tidak dikeluarkan dan disimpan di gudang, karena sudah tidak bisa terpakai,” katanya.

Agus menambahkan, dari jumlah 1,2 juta lembar surat suara yang dicetak ulang tersebut, sudah termasuk dengan 2,5 persen surat suara cadangan. Surat suara cadangan tersebut nantinya digunakan untuk surat yang rusak, keliru mencoblos, pemilih dari TPS lain, dan pengganti surat suara yang tidak sah. “Kita targetkan pada 26 Agustus nanti, surat suara sudah kita terima di gudang KPU Kota Tangerang,” terangnya. (Angga)***


Tag : Pilkada Kota Tangerang 2013