Kuota CPNS Kota Serang 35 Orang

  Editor :  Aas Arbi

 

SERANG - Akhirnya Kota Serang mendapatkan kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari pelamar umum sebanyak 35 orang. Seluruhnya diperuntukkan bagi guru kelas dan guru produktif.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Serang Akhmad Benbela mengatakan, kepastian Kota Serang mendapatkan kuota itu disampaikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) kepada Pemkot Serang sebelum Lebaran. "Namun, surat resmi tersebut baru diterima kami pada Selasa (13/8)," ungkap Benbela, Kamis (15/8), seperti diberitakan Radar Banten hari Jumat ini.
    
Surat dari Kemen PAN-RB itu bernomor R/368/M.PAN-RB/07/2013 perihal Persetujuan Prinsip Alokasi Tambahan Formasi CPNS Daerah Tahun 2013 untuk Pelamar Umum. Seperti diketahui, sebelumnya terjadi kisruh mengenai kuota CPNS untuk Kota Serang.

Benbela mengatakan, walaupun telah diberikan kuota sebanyak 35 orang, tetapi Pemkot sedang menyusun formasi yang disesuaikan dengan kebutuhan Kota Serang. Kata dia, Pemkot telah menyampaikan kebutuhan riil pegawai Pemkot, yakni 2.500 orang. Dengan asumsi satu eselon empat membawahi dua sampai tiga staf atau fungsional umum.

Oleh karena secara nasional kekurangan guru, untuk kabupaten/kota yang belanja pegawainya di atas 50 persen, hanya bisa mengakomodasi kebutuhan guru saja. Atas dasar itu, kuota CPNS untuk pelamar umum bertujuan menutupi kekurangan guru secara nasional. Kata dia, secara hitung-hitungan kasar, Kota Serang tidak terlalu kekurangan guru. Hanya saja, apabila dihitung secara riil, Kota Serang sangat kekurangan guru.

"Karena yang kita butuhkan guru produktif. Sementara, konsentrasi guru pada salah satu mata ajar tertentu sehingga terjadi penumpukan, satu mata ajar dipenuhi beberapa guru. Seharusnya variatif," terang Benbela. Ia mengatakan, pelaksanaan penerimaan CPNS dari pelamar umum serentak dilakukan September nanti.
    
Sementara itu, Wakil Walikota Serang Nana Suryana mengatakan, pada waktu membuka lamaran CPNS nanti, klasifikasi guru harus spesifik sehingga penyebaran guru merata. Namun, sebenarnya, ia berharap kuota CPNS untuk Kota Serang lebih dari 35 orang. "Terlebih, kami krisis tenaga teknis sehingga sangat membutuhkan kuota itu. Bahkan, ada kasi (kepala seksi-red) yang tak punya staf sehingga terjadi ketimpangan," ujarnya.

Kata dia, apabila ditinjau dari sisi komposisi belanja pegawai, Kota Serang akan terus-menerus tak mendapat kuota CPNS. Namun, apabila dibiarkan, akan terjadi kekosongan pegawai. (RB)


Tag : CPNS