( * )

Pekerja Asing Enggan Menetap di Cilegon

  Editor :  Krisna Widi Aria

 

CILEGON - Dari sebanyak 989 orang pekerja Warga Negara Asing (WNA) yang tercatat di Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon, baru sekira 765 orang diantaranya yang telah mengantongi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan Surat Keterangan Tempat Tinggal Sementara (SKTT), dokumen yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Cilegon.

Sisanya, adalah WNA yang bekerja di Cilegon namun enggan menetap di KOta Cilegon. Demikian dikatakan oleh Kepala Bidang Kependudukan DKCS, Kusmajaya. "Kami terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas warga asing di Cilegon. Mereka (WNA) itu harus berkoordinasi terlebih dulu mulai dari tingkat RT, RW, dan pihak Kelurahan sebelum mendapatkan dokumen SKTT dari kami. Hingga saat ini baru sekitar 765 WNA yang mengantongi KITAS dan SKKT, sisanya banyak yang kerja di Cilegon, tapi tidak menetap. Mungkin di Serang, Tangerang dan Jakarta," jelasnya kepada radarbanten.com, Kamis siang.

Jumlah WNA itu, jelas Kusmajaya, terus mengalami perubahan setiap tahunnya, mengingat banyak pula WNA yang sudah kembali ke negara asalnya karena masa kontrak kerja yang sudah berakhir.

Sementara itu, langkah pengetatan pengawasan tenaga asing yang bekerja di Kota Cilegon juga dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon. Menurut Muchtar Anda, selaku Kasubag Tata Usaha pada Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon, upaya pengawasan itu dilakukan guna mengantisipasi adanya pekerja asing ilegal yang melakukan aktivitas di Kota Cilegon.

"Pengawasan terhadap WNA kami lakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu dengan mendatangi perusahaan-perusahaan. Pengawasan akan ditingkatkan, apabila sudah ada WNA yang izin tinggalnya sudah mendekati masa kadaluarsa (overstay). Kalau memang terbukti ada pekerja yang melanggar aturan, kami akan mengambil langkah tindakan deportasi, dan memberikan sanksi terhadap perusahaan yang mempekerjakan (WNA Ilegal) melalui disnaker," jelasnya.

Hingga saat ini, Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon mencatatkan sebanyak 989 Pekerja WNA yang bekerja di Cilegon, yang terdiri 926 pekerja WNA Pria, dan 63 Pekerja WNA wanita. (Devi Krisna)***


Tag : Pekerja Asing