Iti - Ade Pimpin Lebak

  Editor :  Aas Arbi

 

RANGKASBITUNG - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi (IDE), resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Lebak yang berlangsung 31 Agustus lalu.

Penetapan pasangan yang diusung tujuh partai politik ini melalui rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara yang digelar KPU Lebak di Hotel Mutiara, Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Minggu (8/9/2013).

Dalam sidang pleno terbuka KPU Lebak yang dipimpin Ketua KPU Lebak Agus Sutisna, pasangan IDE meraih 407.156 suara atau 62,39 persen. Urutan kedua adalah pasangan incumbent Amir Hamzah-Kasmin (HAK) yang didukung Partai Golkar dengan meraup dukungan sebanyak 226.440 suara atau 34,69 persen. Sementara di posisi juru kunci pasangan dari jalur independen, Pepep Faisaludin-Aang Rasidi (Panglima), dengan 19.163 suara atau 2,94 persen. Hasil rekapitulasi KPU ini nyaris sama dengan hitung cepat (quick count) Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 31 Agustus lalu.

Dalam rapat pleno, ketiga pasangan calon tidak hadir. Mereka hanya diwakili para saksi dari masing-masing pasangan calon, yakni Nouvran (Panglima), Imam Sampurna (HAK), dan Erry Djuhaeri (IDE).

Rapat berlangsung mulai pukul 13.00 WIB hingga 17.30 WIB. "Rapat pleno sekaligus menetapkan pemenang dalam Pilkada Lebak. Hasil rekapitulasi penghitungan suara di 28 kecamatan, pasangan nomor tiga memperoleh suara tertinggi, yakni sebanyak 407.156 suara atau 62,39 persen. Sehingga kami tetapkan sebagai pemenangnya," kata Ketua KPU Lebak Agus Sutisna seperti diberitakan Radar Banten hari ini.

Partisipasi masyarakat di Pilkada Lebak ini mencapai angka 74,60 persen, dari jumlah DPT Lebak 894.394 pemilih. "Sementara jumlah perolehan suara sah sebanyak 652.759 dan suara tidak sah sebanyak 14.450, dengan total suara sah dan tidak sah sebanyak 667.209," jelasnya.

Imam Sampurna, saksi pasangan HAK, mengatakan, pihaknya tidak akan menandatangani hasil pleno rekapitulasi lantaran banyak kecurangan yang terstruktur dan massif. "Sesuai mandat yang saya terima maka saya menyatakan keberatan dan tidak menandatangani hasil berita acara tersebut. Kami menganggap hasil perolehan suara pilkada belum sempurna. Namun kami tetap menganggap kita semua bersaudara. Kami akan ajukan gugatan ke MK," katanya.

Nouvran, saksi Panglima, menyatakan, pihaknya menerima hasil rekapitulasi suara. “Kami menerima hasil perolehan penghitungan Pilkada Lebak. Kami kalah bermain dan kalah strategi,” ujarnya.

Erry Djuhaeri, saksi dari pasangan IDE, mengungkapkan rasa syukur atas kemenangan ini. Erry berharap, ke depan segala perbedaan selama pilkada berlangsung dapat segera berakhir. "Insya Allah kemenangan pasangan IDE ini akan membawa berkah dan kesejahteraan kepada masyarakat,” katanya. (RB)



Tag : Pilkada Lebak 2013