Sutanto.

Massa dari Formaseb berunjuk rasa di halaman gedung DPRD Kabupaten Serang, Selasa (10/9/2013).

Desak Cabut Izin Pertambangan, Warga Demo DPRD

  Editor : 

 

SERANG – Puluhan warga yang tergabung dalam Forum Masyarakat Serang Barat (Formaseb) berunjuk rasa di halaman gedung DPRD Kabupaten Serang, Jalan Veteran Nomor 1, Kota Serang, Selasa (10/9/2013) siang. Mereka menuntut agar izin usaha pertambangan (IUP) Koperasi Pegawai Maritim (Kopegmar) seluas 100 hektare di Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang dicabut.

Massa datang sekira pukul 13.30 WIB. Mereka datang dengan membawa sejumlah poster berisi tuntutan agar izin Kopegmar dicabut. Mereka berorasi secara bergantian dengan menggunakan pengeras suara. Aksi mereka dijaga oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serang dan polisi dari Polres Serang.

Sekretaris Formaseb Khoriul Umam mengatakan, sudah sembilan tahun Kopegmar diberikan izin penambangan oleh Pemkab Serang. Tapi dalam menjalankan usahanya mereka melakukan manipulasi dan tak membayar pajak. “Kita punya data. Dua bulan lalu data itu sudah disampaikan ke DPRD, tapi DPRD bungkam, alasannya sibuk, padahal sebagai DPRD harus sibuk. Kalau tidak mau sibuk, jangan jadi anggota DPRD, sudah berhenti saja,” katanya saat orasi.

Katanya, Warga Puloampel resah karena setiap hari harus menghirup debu dan bising. “Sudah manipulasi masih dilindungi oleh oknum-oknum tertentu, pejabat Pemkab diam, DPRD bungkam. Sudah manipulasi, kenapa izinnya tidak dicabut? Sekarang untuk peledakannya pakai dinamit yang tidak punya izin, sudahlah dicabut dan diusir aja,” katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Serang Fahmi Hakim setengah jam kemudian keluar dan menemui massa. Saat itu Fahmi mengatakan, akan menindaklanjuti permintaan warga dengan cara mengundang dinas-dinas  terkait dan Kopegmar. Pihaknya juga akan mengundang perwakilan Formaseb saat pertemuan nanti. “Pokoknya warga jangan resah karena DPRD mendengar keluhan warga dan akan menindaklanjuti dengan tegas,” ujarnya.

Setelah Fahmi menyampaikan rencana tindakannya, massa pun membubarkan diri. (SUTANTO)



Tag : Izin Tambang