Suasana rapat pleno KPU Kota Cilegon dengan agenda penetapan DPT, Jumat (13/9/2013).  ( Devi Krisna )

270.251 Warga Masuk dalam DPT Kota Cilegon

  Editor : 

 

CILEGON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cilegon  menyelenggarakan rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014, di Hotel The Royale Krakatau, Jumat (13/9/2013).

Menurut Ketua KPU Cilegon Fatullah Hasyim, dalam pemutakhiran data pemilih yang sudah dilakukan selama ini, pihaknya mencatat sebanyak 270.251 warga masuk dalam DPT Kota Cilegon. Para pemilih terdiri atas 137.747 laki laki dan 132.504 perempuan. "Ini adalah data terakhir yang dipergunakan KPU sebagai DPT untuk Pemilu 2014 mendatang. Setelah ini tidak adalagi proses input data terkait pemilih, yang ada hanyalah daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih khusus," ujarnya.

Untuk daftar pemilih tambahan dan pemilih khusus, kata dia, akan memiliki klasifikasi tertentu yang nantinya akan diatur berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, Eli Jumaeli, Pokja Pemutakhiran Data KPU Cilegon menambahkan bahwa data Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) menjadi dasar ditetapkannya DPT ini. "Kita sudah melalui sejumlah tahapan sampai akhirnya menetapkan DPT," katanya.

Setelah DPT itu ditetapkan, imbuh Eli, KPU masih akan melakukan perbaikan melalui pembersihan data yang ditenggat hingga sampai 11 Oktober mendatang. "Bila masih ditemukan data ganda, ataupun data admisnistrasi yang salah, KPU akan melakukan pembersihan kembali. Hasilnya akan kita sampai kepada Panwaslu, partai politik dan Panwaslu Kecamatan," terangnya.

Sementera untuk Pemilu 2014 mendatang, tercatat akan ada 685 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 43 Kelurahan di delapan kecamatan yang ada di Kota Cilegon. (DEVI KRISNA)


Tag : Pemilu 2014