Sefrinal.

Bangkai Kapal Pramudita masih mengeluarkan asap.

Kapal MV Pramudita Masih Mengeluarkan Asap Tebal

  Editor : 

 

MERAK - Kapal MV Pramudita, yang terbakar, hingga saat ini masih mengeluarkan asap tebal. Untuk memaksimalkan pemadaman kapal milik PT Caraka Tirta Pratama itu, KSOP Banten melakukan evakuasi ke Pelabuhan Golden Key, Lingkungan Grenya, Kelurahan Puloampel, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang. Itu dilakukan agar kapal pengankut batu bara tersebut tidak tenggelam di laut.

Kepala KSOP Banten Nafri mengatakan, pihaknya masih melakukan pemadaman kapal MV Parmudita. Namun, pihaknya masih terkendala dengan alat-alat yang tidak mereka miliki, sehingga belum bisa mendeteksi titik api yang menghanguskan kapal tersebut.

"Ini kita coba padamkan seluruh ruangan, namun kita tidak tau secara keseluruhan karena kita tidak memiliki alat pendeteksi gas," katanya

Nafri menduga, titik api masih berada di konveyor kapal. Namun pihaknya belum mendapatkan general arrangement atau rancangan kapal keseluruhan sehingga KSOP belum bisa memasuki ruang kapal. "Apa yang kita saksikan ini adalah upaya kami untuk pemadaman kapal yang kami lakukan," ujarnya.

Nafri menjelaskan, secara keseluruhan kapal MV Pramudita hangus terbakar. Hingga saat penyebab terjadinya kebakaran kapal itu belum diketahui. Penyelidikan sementara, api diduga berasal dari konveyor yang mengalami kepanasan dan menyebabkan timbulnya api.

"Senin depan kami akan mulai melakukan peyidikan. Dilihat secara keseluruhan kapal itu terbakar. Tapi ada satu ruangan ABK yang masih utuh," jelasnya.

Nafri mengungkapan, terbakarnya kapal MV Pramudita tersebut belum diketaui apakah akibat human eror atau bukan. Oleh karenanya KSOP akan menyelidiki penyebab kebakarnya kapal itu. (Sefrinal putra)



Tag : Kapal Terbakar