( Sutanto )

KPU Kabupaten Serang : Caleg Pasang Baliho akan Dicabut

  Editor :  Krisna Widi Aria

 

SERANG – Calon anggota legislatif (Caleg) baik DPR maupun DPRD pada Pemilu 2014 di Kabupaten Serang dilarang memasang baliho atau bilboard saat kampanye. Itu berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013 tentang Revisi Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye. Jika aturan itu dilanggar, baliho atau bilboard itu akan dicabut paksa.

Adapun baliho atau bilboard untuk partai politik (parpol) diperbolehkan asalkan tidak mencantumkan foto pengurus yang nyaleg. “Bolehnya caleg di spanduk dengan ukuran maksimal 1,5 meter x 7 meter,” kata Ketua KPU Kabupaten Serang Ahmad Lutfi Nuriman saat ditemui Tangerang Ekspres (Radar Banten Group) sebelum rapat pembahasan zona penempatan alat peraga kampanye di Ruang Rapat KPU Kabupaten Serang, Selasa (17/9).

Menurut Lutfi, jika terjadi pelanggaran pertama KPU bisa menegur parpol dengan cara menyampaikan surat kepada parpol agar alat peraga yang tidak sesuai aturan itu dipindah. Kedua, panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) memiliki kewenangan berkoordinasi dengan pemda untuk meminta parpol agar alat peraga yang tidak seuai aturan itu dipindah atau dicabut. “Kalau sudah diingatkan tidak dilaksanakan oleh parpol, Panwas diberikan kewenangan untuk koordinasi dengan pemda untuk mengeksekusinya,” katanya.

Lutfi mengatakan, aturan itu diberlakukan dengan semangat keadilan dan kesetaraan bagi caleg, memperhatikan keindahan kota, dan agar caleg menemui langsung konstituennya, sehingga pemilihnya tidak dikelabui oleh foto-foto Caleg yang ganteng dan murah senyum tapi kenyataannya sebaliknya. “Dengan kata lain jangan sampai beli kucing dalam karung,” katanya.

Senada dikatakan Anggota KPU Kabupaten Serang Adnan Hamsin. Kata Adnan, dalam pertemuan ini akan dibahas bersama pemda, zona pemasangan alat peraga kampanye apakah di desa, kecamatan, atau daerah pemilihan. “Hasil dari pertemuan ini akan dibuat beri acara dan disampaikan ke parpol pada Jumat besok,” ujarnya. (sutanto)***


Tag : Pemilu 2014