#

Angka Pencurian Motor di Cilegon Tinggi

Editor : Ade Jahran

CILEGON - Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di wilayah Kecamatan Cilegon dan Jombang diminta untuk kembali diaktifkan. Hal ini lantaran angka kejahatan pada malam hari terus mengalami peningkatan, terutama pencurian kendaraan bermotor (ranmor).


"Kami telah menerima sekitar 20 laporan pencurian dari masyarakat. Motor mereka dicuri maling pada malam hari," ujar Kapolsek Cilegon Kompol M Nuril Huda saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (22/9/2013).

Menurutnya, jumlah laporan tersebut terbilang tertinggi di wilayah hukum Polres Cilegon. Ini membuat pihaknya terus meningkatkan pengawasan serta patroli malam setiap harinya. "Ini menjadi atensi serius. Sehingga kegiatan patroli malam hari kami tingkatkan," imbuh Kapolsek.

Kapolsek pun mencurigai apabila dua kecamatan itu telah menjadi target sejumlah sindikat pencurian kendaraan bermotor, karena hal ini didukung pula dengan perilaku masyarakat Jombang dan Cilegon yang kurang memerhatikan keamanan kendaraannya.

"Masyarakat Cilegon dan Jombang memang saya lihat sering menyimpan kendaraannya di depan rumah pada malam hari. Padahal yang seperti itu jadi sasaran empuk pencuri," katanya.

Bahkan, Kapolsek menganalisa bahwa sindikan pencurian kendaraan bermotor selalu memilih malam hari dalam melakukan aksinya. Biasanya, pencuri tersebut beraksi pada malam Selasa, Jumat, serta Minggu. "Kami terus melakukan analisa tentang modus operandi dari para pencuri, agar kami bisa mengungkap sindikat-sindikat pencuri kendaraan yang sering beraksi di wilayah hukum Polsek Cilegon," terangnya.

Namun begitu, upaya pengamanan wilayah tidak bisa hanya diserahkan kepada polisi. Hal tersebut memerlukan keterlibatan semua pihak, khususnya masyarakat itu sendiri. "Upaya pengamanan paling efektif adalah mengaktifkan siskamling di lingkungan. Saya berharap masyarakat segera mengaktifkan kembali siskamling di wilayahnya,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Camat Jombang Agus Ariadi mengaku siap untuk mendorong pengaktifan siskamling. Dalam waktu dekat Agus akan berkoordinasi dengan seluruh kelurahan guna menindaklanjuti permintaan Polsek Cilegon.

"Saya akan berkoordinasi dengan seluruh kelurahan agar segera mengaktifkan siskamling. Selain itu, di setiap acara sosialisasi saya akan selalu mengingatkan agar menjaga keamanan di lingkungan mereka," katanya. (Devi Krisna)

Tags: Angka Pencurian Tinggi

 
Tinggalkan komentar

Berita Terkait

Tuliskan Komentar Anda

(Wajib Diisi)
(Wajib Diisi)