KSOP Tegur Pemkot Cilegon

  Editor : 

 

MERAK - Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) tegur Pemkot Cilegon. Teguran ini terkait rencana pengelolaan daerah pesisir pantai melalui perda dan retribusi pemanduan yang masuk sebagai penerimaan negara bukan pajak yang rencananya akan diterapkan Pemkot Cilegon.

Kepala KSOP Banten Nafri mengatakan, pemerintah daerah harus melakukan kajian terlebih dahulu terkait usulan membuat pelabuhan atau pengelolaan daerah pesisir pantai di sekitar Perairan Merak. Sebab, perairan Merak merupakan zona vital Pelabuhan Merak di mana nelayan tidak boleh memasuki area tersebut karena bisa mengganggu olah gerak kapal.

"Tujuan undang-undang kelautan itu adalah untuk mensejahterakan masyarakat pesisir pantai termasuk di dalamnya mengatur nelayan. Kami juga prihatin dengan nasib nelayan yang berada di sekitaran Merak. Jadi apabila ada usulan pemerintah daerah membuat pelabuhan maka pemerintah daerah harus mengacu kepada undang-undang tersebut, jangan sampai berbenturan dan malah akan menjadi masalah," katanya.

Selain pengelolaan daerah pesisir pantai, kata Nafri, pihaknya menyinggung soal retribusi pemanduan kapal yang juga akan diterapkan Pemkot Cilegon. Dimana, Pemkot Cilegon dalam melaksanakan pemungutan retribusi harus disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Ketentuan Retribusi.

"Pemerintah boleh memungut retribusi tetapi aturan pokoknya harus sesuai undang-undang," tambahnya.

Sementara itu, Direktur PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) Syamsul Rizal ,mengatakan, Pemkot Cilegon masih bingung dengan rencana pengelolaan daerah pesisir pantai yang akan dijadikan perda. Karena, pihaknya menilai antara perda dan undang-undang kelautan berbenturan.

"Jadi di Cilegon ini mempunyai 4 mil wilayah maritim yang nantinya akan dibuat tempat-tempat untuk nelayan. Tapi yang kami ketahui tadi ada beberapa wilayah yang masuk dalam zona keselamatan pelayaran," katanya.

Syamsul menuding, hal ini terjadi karena tidak adanya koordinasi antara Dinas Perhubungan, kementerian dan KSOP selaku penanggungjawab perairan di Kota Cilegon.. (Sefrinal)



Tag : Pelabuhan Merak