Berita Utama

Cilegon Bangun GOR Senilai Rp 11 Miliar

  Editor :  Aas Arbi

 

CILEGON – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Cilegon mendapatkan alokasi anggaran pembangunan gedung olahraga (GOR) sebesar Rp 11 miliar pada APBD 2013. Ini merupakan proyek terbesar yang dipegang Dispora setelah adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 37 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2013 yang menyatakan proyek pembangunan gedung dan fasilitas umum diserahkan ke dinas terkait.

Kepala Dispora Supriyadi membenarkan adanya rencana pembangunan GOR tahun ini. Menurutnya, GOR akan dibangun di dekat Terminal Seruni di atas lahan seluas 4,3 hektare. “Sebenarnya proyek ini sudah digarap oleh Dinas Pekerjaan Umum sejak 2011, mereka sudah melakukan pematangan sebagian lahan. Tapi pada 2012 tertunda karena anggaran yang ada di Dinas PU tak terserap, mulai tahun ini kami diberi amanat untuk melanjutkan pembangunan GOR ini,” kata Supriyadi, Kamis (7/2).

Berdasarkan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) yang dimiliki, anggaran sebesar Rp 11 miliar itu akan dialokasikan untuk melanjutkan pematangan lahan sebesar Rp 3 miliar dan pembangunan fisik sebesar Rp 8 miliar. “Tentu biaya sebesar itu tidak akan cukup membangun GOR yang berstandar nasional. Makanya ini program tahun jamak, di APBD perubahan nanti kami ajukan lagi, demikian juga di APBD reguler tahun depan sehingga pada 2015 kami harapkan bisa selesai,” ungkapnya.

Pihaknya pun kini sedang melakukan pembahasan perubahan terhadap detail engineering design (DED) pembangunan gedung tersebut. Dalam DED sebelumnya yang dibuat Dinas PU, kata dia, lapangan voli terletak di luar. Pada DED yang baru nanti, ia berharap GOR yang dibangun memiliki lapangan multifungsi, di antaranya ada lapangan basket yang bisa digunakan untuk bulu tangkis, voli, dan olahraga lainnya. “Di bagian bawah tribun yang menghadap ke luar bisa dimanfaatkan untuk perkantoran pengurus olahraga,” jelasnya.

Meski tergolong pekerjaan baru, Supriyadi optimistis pembangunan GOR bisa berjalan sesuai rencana. Sejak awal dirinya sudah mewanti-wanti jajarannya untuk berhati-hati dan memperhatikan semua peraturan yang ada. “Sebenarnya sejak awal ditunjuk, kami sempat menolak menggarap proyek ini. Tapi karena aturannya harus Dispora, mau tidak mau kami harus kerjakan. Kami sudah menyampaikan rencana ini ke ULP (Unit Layanan Pengadaan-red) Pemkot Cilegon untuk segera dilelang, mungkin triwulan kedua sudah mulai digarap,” katanya. (IBNU MARHAS)


Tag : GOR Cilegon

Site:

 

 

Radar Banten Group :

Radar Banten

Banten Raya

Tangerang Ekspres

Percetakan Radar

Baraya TV

Radar Arena

Radar Banten Promosindo

 

Redaksi

Info Iklan

Karir

Hubungi Kami

Peraturan

Copyright Radar Banten 2014 . All rights reserved

Radar Banten Group