jpnn.

Siswa sebuah sekolah dasar.

Guru Siap Jalankan Kurikulum 2013

  Editor :  Aas Arbi

 

SERANG - Beberapa guru di Banten mengaku siap menjalankan Kurikulum 2013. Mereka berharap penerapan kurikulum baru ini bisa berjalan dengan baik.

Rahmat, salah satu guru di SMP Al Irsyad Desa Sukabares, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, mengungkapkan bahwa di sekolahnya, Kurikumulum 2013 diperkirakan akan digunakan pada bulan JUli 2013 dengan pelatihan terlebih dahulu. 

"Di sekolah saya kurikulum 2013 diperkirakan akan digunakan pada bulan Juli mendatang itu pun akan diadakan pelatihan terlebih dahulu, sebanyak 11 orang untuk guru kelas VII," ungkapnya. "Karena belum diterapakan sejauh ini belum diketahui kendalanya," tambah Rahmat, Rabu (20/2).

Menurut dia, pada kurikulum 2013 ini  akan mempermudah guru dalam mensinergikan tiap mata pelajaran yang diberikan kepada siswa. "Seperti yang saya ketahui, sepertinya agak simpele, guru tidak susah payah membuat silabus dan RPP karena sudah disiapkan dari pusat," ungkap pria yang akrab

disapa Rahel ini. "Karena ini masih bersifat uji coba, mudah-mudahan saja ini baik bagi pendidikan kita. Bukan sekadar ganti menteri, ganti kurikulum," paparnya.

Saepul, guru di SDIT Ibadurrahman Desa Kubangawan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, mengungkapkan bahwa kurikulum bukan satu-satunya faktor penentu kualitas pendidikan. "Untuk saat ini yang paling mendesak untuk di up grade adalah kompetensi guru sebagai garda depan peningkatan kualitas pendidikan," ungkap Saepul.

Asep Yana, guru di Ponpes Pesantren Modern SMA Plus Assa'adah di Pamarayan, Kabupaten Serang, belum mengetahui  rencana penerapan Kurikulum 2013 mengingat kurikulum pesantren sudah cukup baik. (Wahyudin)



Tag : Kurikulum 2013