#

Umat Hindu Rayakan Melasti di Pantai Salira Indah

Editor : Aas Arbi

Photo
Umat Hindu di Banten melaksanakan upacara Melasti di Pantai Salira Indah, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang, Minggu (10/3). (Ganis)
SERANG - Ribuan umat Hindu di Banten melaksanakan upacara Melasti, Minggu (10/3), di Pantai Salira Indah, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang. Pelaksanaan upacara keagamaan tersebut merupakan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun baru Saka 1935/2013 Masehi di Provinsi Banten.

Ribuan umat Hindu yang tiba dilokasi sekitar pukul 10.00 WIB, langsung mempersiapakn sesajian untuk dilarung ke tempat-tempat yang sudah disiapkan. Kemudian mereka lesehan menghadap laut untuk memulai pelaksanaan upacara Melasti sekitar pukul 10.30 WIB, yang dilanjutkan dengan kegiatan larung yaitu menghanyutkan sesaji ke lautan.

Kata I Nyoman Buana, Ketua Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi di Banten, Melasti bertujuan untuk melenyapkan kotoran dunia dan melenyapkan penderitaan manusia yang menumpuk di tahun yang lalu, serta memohon tirta amerta kamandalu yaitu air suci kehidupan untuk tahun yang akan datang.

Menyambut Tahun Baru Saka 1935, umat Hindu harus membersihkan diri dari segala kekotoran agar dapat menyongsong tahun baru dengan keadaan suci. Setelah melakukan Melasti, para umat Hindu kembali ke Pura Eka Wira Anantha di Taman, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Melasti hanya salah satu ritual yang mesti dilakukan untuk menghadapi Hari Raya Nyepi.

Setelah itu, akan ada ritual lainnya, yaitu taur agung kesanga, yang akan dilakukan di areal luar Pura Eka Wira Anantha. (GANIS/TOHIR)

Tags: Nyepi

 
Tinggalkan komentar

Berita Terkait

Tuliskan Komentar Anda

(Wajib Diisi)
(Wajib Diisi)