Berita Utama

Sauasan Pure tampak sepi.  ( Ganis )

Suasana di Pura Sepi

  Editor :  Ade Jahran

 

SERANG - Suasana di Pura Eka Wira Anantha, Taman Kopassus, Kota Serang, Selasa( 12/3) siang terlihat sepi. Hanya terlihat beberapa orang yang sedang sembahyang dan merenungkan diri di dalam pura.

Hari ini semua umat Hindu melakukan prosesi perayaan tahun baru Saka 1935 (nyepi). Tak ada aktivitas seperti biasa dalam suasana di pura tersebut. Pada hari ini semua umat Hindu melaksanakan catur brata, yaitu proses penyepian yang terdiri dari amati geni(tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja),  amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Prosesi tersebut akan berlangsung hingga bertemu pagi kembali selama 24 jam.

Saat inilah di mana umat Hindu benar-benar dimulai dengan suatu keadaan yang bersih dan suci. Adapun kewajiban untuk sembahyang saat Nyepi ini dengan menggunakan pakaian khusus seperti udeng (pengikat kepala) dan senteng (pengikat pinggang).

Menurut Puput Slamet, penganut Hindu di Serang, melaksanakan prosesi Nyepi di pura lebih baik karena jauh dari kebisingan-kebisingan yang biasa terjadi bila melaksanakanya di rumah. Tujuan utama Nyepi ini adalah memohon kepada Tuhan untuk menyucikan bhuana alit (alam manusia) dan bhuana agung (alam semesta) dengan harapan menjauhkan bencana dan keburukan- keburukan sifat manusia di bumi ini. (GANIS)


Tag : Nyepi

Site:

 

 

Radar Banten Group :

Radar Banten

Banten Raya

Tangerang Ekspres

Percetakan Radar

Baraya TV

Radar Arena

Radar Banten Promosindo

 

Redaksi

Info Iklan

Karir

Hubungi Kami

Peraturan

Copyright Radar Banten 2014 . All rights reserved

Radar Banten Group