ilustrasi  ( * )

Besok, 39 Panwascam se-Kota Tangerang Dilantik

  Editor :  Krisna Widi Aria

 

TANGERANG-Sebanyak 39 Petugas Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kota Tangerang dilantik besok, Kamis (14/3) pagi. Sementara anggaran kegiatan untuk Panwaslu Rp4 miliar dari Pemkot Tangerang belum juga kunjung dicairkan.

"Demi mengawal pelaksanaan Pilwalkot 2013 ini berlangsung lancar, aman dan adil, terpaksa panwascam itu harus dilantik," ungkap Takhono, Ketua Panwaslu Kota Tangerang kepada Tangerang Ekspres, Rabu (13/3) sore.

Kenekatan ini, kata Takhono, dikarenakan Panwaslu merasa bertanggung jawab selaku salah satu pihak yang menjadi penyelenggara pilwalkot. Pasalnya, apabila Pilwalkot itu berjalan tanpa adanya Panwaslu akan tidak sah hasilnya nanti.

Panwascam ini nantinya, kata Takhono, adalah kepanjangan dari Panwaslu Kota Tangerang di 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang dalam mengawasi Pilwalkot yang dihelat 31 Agustus mendatang.

Takhono mengatakan, pelantikannya dilakukan sesederhana mungkin di Gedung Serba Guna Jiwas Raya, Jalan Perintis Kemeredekaan, Cikokol pada pukul 09.00 WIB. Jumlah Panwascam yang dilantik adalah 39 orang, karena di masing-masing kecamatan itu ditempatkan tiga orang. "Bila tidak ada aral melintang, pelantikan itu juga akan dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu, red) Provinsi Banten," ujarnya.

Ditambahkan Ketua Pokja Perekrutan Panwascam Panwaslu Kota Tangerang Muhamad Zeinil Miftah, panwascam yang dilantik ini adalah hasil dari penjaringan dan penyeleksian ketat yang dilakukan Panwaslu Kota Tangerang. Seleksi yang dilakukan antara lain para peserta yang mendaftar menjadi panwascam sebelumnya harus mengikuti tes tulis dan tes wasancara.

Usai dilantik, 39 Panwascam itu, sambung Zein, akan diberikan bimbingan teknis (Bimtek) oleh Bawaslu Provinsi Banten, Polres Metro Tangerang dan KPU. "KPU dalam hal ini akan memberikan Bimtek terkait tahapan Pilwalkot," jelasnya.

Zein mengutarakan, selanjutnya setelah Panwascam untuk 13 kecamatan telah dilantik, mereka bertugas melakukan perekrutan untuk petugas pemantau lapangan (PPL). Para PPL ini nantinya bertugas di tiap-tiap kelurahan. (SAADATUDDARAEN)***


Tag : Pilkada Kota Tangerang