#

KPU Tetapkan Dapil Kota Serang Ada Enam

Editor : Ade Jahran

Photo
KPU (*)
SERANG – KPU Pusat menetapkan daerah pemilihan (dapil) Kota Serang untuk pemilu legislatif 2014 ada enam. Hal ini menjawab usulan dari KPU Kota Serang beberapa waktu lalu.

Menurut Ketua Pokja Sosialisasi KPU Kota Serang Yuliana Mardatillah, pihaknya mengajukan dua opsi ke KPU Pusat yakni opsi A jumlah dapil di Kota Serang sebanyak delapan, sedangkan opsi B jumlah dapil sebanyak enam. "Tapi yang dipilih KPU Pusat adalah yang opsi B," ujar Yuliana, Sabtu (16/3) kepada Banten Raya (grup Radar Banten).

Yuliana mengungkapkan bahwa keenam dapil yang dipilih itu adalah dapil Kota Serang 1 meliputi Kecamatan Serang A, yang terdiri dari Kelurahan Sumur Pecung, Lopang, Unyur, Sukawana, Kaligandu, dan Terondol dengan alokasi kursi sebanyak sembilan. Kemudian dapil Kota Serang 2 meliputi Kecamatan Serang B, terdiri dari Kelurahan Serang, Cipare, Kota Baru, Cimuncang, Lontar Baru, dan Kagungan dengan alokasi kursi sembilan.

Selanjutnya dapil Kota Serang 3 meliputi Kecamatan Kasemen dengan jumlah kursi enam, dapil Kota Serang 4 meliputi Kecamatan Walantaka dan Curug dengan jumlah kursi sembilan, dapil Kota Serang 5 meliputi Kecamatan Cipocokjaya dengan jumlah kursi enam, dapil Kota Serang 6 meliputi Kecamatan Taktakan dengan enam kursi.

Penetapan dapil DPRD 2014 Kota Serang ini, lanjut Yuliana, tidak sesuai dengan konsultasi publik yang dilakukan KPU Kota Serang dengan pimpinan parpol peserta pemilu 2014. Pada saat itu mayoritas peserta uji publik menghendaki alternatif pertama sebagai format dapil DPRD Kota Serang.
 
"Namun, penetapan dapil pemilu legislatif 2014 merupakan kewenangan dan otoritas dari KPU Pusat," katanya. (TOHIR)

Tags: Pilkada Kota Serang

 
Tinggalkan komentar

Berita Terkait

Tuliskan Komentar Anda

(Wajib Diisi)
(Wajib Diisi)