Berita Utama

ilustrasi  ( * )

Guru Harus Pernah Ngajar di Pedalaman

  Editor :  Ade Jahran

 

WAINGAPU - Kementerian Pendidikan RI akan menetapkan persyaratan baku dalam rekrutmen tenaga pendidik berstatus PNS di Indonesia yakni harus memiliki pengalaman ditugaskan di daerah pedalaman seperti yang sudah dijalani oleh para guru Sarjana Mendidik, di Daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (SM3T). 

Hal itu ditegaskan utusan Kementerian Pendidikan RI, Martadi ketika menghadiri pembukaan acara Kemah Bakti Peduli Lingkungan (KBPL) kerjasama SM3T, WGC, dan Pemkab Sumba Timur di gedung nasional Umbu Tipuk Marisi, Senin (1/4). 

Di acara yang dihadiri ratusan siswa SMP/SMA/sederajat se-daratan Sumba Timur, anggota Forkopimda, para Asisten, pimpinan SKPD, tokoh agama/masyarakat itu, Murtadi menjelaskan, program SM3T yang dicanangkan dan dijalankan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan RI selama dua tahun terakhir ini bertujuan menciptakan Indonesia baru yakni pembangunan dari Sabang sampai Merauke atau tidak hanya terfokus di pulau Jawa, Sumatera dan daerah lainnya tapi juga di Indonesia Timur terutama daerah-daerah yang masuk dalam klasifikasi tertinggal seperti NTT. 

"Program SM3T dalam upaya meminimalisir kekurangan tenaga pendidik di daerah pedalaman. Ini juga dalam rangka mengurangi beban pemerintah daerah terkait masalah pendidikan masyarakat sehingga tidak terjadi penumpukan tenaga pendidik di daerah Jawa," jelasnya menambahkan.

"Sebagai bangsa, warga negara Indonesia kita seharusnya berbangga karena negara kita sangat kaya dengan beragam sumber daya alam. Bahkan kita memiliki beragam suku dan bahasa daerah yang berjumlah 700 dengan 17.000 buah pulau dimana dari 17.000 buah pulau itu baru 1.000 pulau yang diberi nama," paparnya. 

KBPL yang dilaksanakan SM3T Universitas Negeri Makassar di Sumba Timur merupakan sebuah terobosan positif yang dapat menjadi contoh bagi SM3T di daerah lainnya di Indonesia. "Ini terbosoan positif pertama di bidang lingkungan hidup yang dilakukan peserta SM3T di Indonesia dan harus menjadi contoh dan teladan bagi peserta SM3T lainnya," tandasnya.(JPNN)


Tag : PNS Guru

TERPOPULER

TERKOMENTAR

NO DATA

NO DATA  NO DATA

 

http://www.radarbanten.com/travel.html
http://www.radarbanten.com/travel.html
http://www.radarbanten.com/travel.html

BERITA LAINNYA

Site:

 

 

Radar Banten Group :

Radar Banten

Banten Raya

Tangerang Ekspres

Percetakan Radar

Baraya TV

Radar Arena

Radar Banten Promosindo

 

Redaksi

Info Iklan

Karir

Hubungi Kami

Peraturan

Copyright Radar Banten 2014 . All rights reserved

Radar Banten Group