#

Jatah Transmigrasi Pemkab Serang Menurun

Editor : Krisna Widi Aria

SERANG – Jatah program transmigrasi untuk Pemerintah Kabupaten Serang dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI tahun ini menurun dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini Kabupaten Serang hanya mendapatkan 10 kepala keluarga (KK) yang akan ditransmigrasikan, sementara tahun lalu sebanyak 20 KK. “Itu kuota dari pusatnya segitu,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang Abdullah saat dihubungi Tangerang Ekspres (Radar Banten Group), Jumat (5/4).

Menurut dia, tahun ini Provinsi Banten sendiri dapat jatah 70 KK yang akan ditransmigrasikan. Jatah itu akan dibagi untuk delapan kabupaten/ kota di Provinsi Banten. Jika ada kabupaten/ kota yang tidak ngambil jatah itu, pihaknya bisa menambah jatah. “Mudah-mudahan ada kabupaten/kota yang tidak memberangkatkan warganya transmigrasi,” katanya.

Dia mengatakan, adapun untuk daerah transmigrasi tahun ini yang ditawarkan ke pihaknya adalah Kabupaten Kayon Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten itu merupakan lahan untuk kelapa sawit. “Pemberangkatannya nanti Desember, serempak se-Provinsi Banten. Sebelum pemberangkatan juga akan ada MoU antara bupati sini dengan bupati tempat transmigrasi,” katanya.

Untuk mendapatkan 10 KK dari Kabupaten Serang yang akan diberangkatkan transmigrasi, kata dia, pihaknya akan melakukan seleksi, tapi itu juga jika peminatnya banyak. “Syarat untuk transmigrasi itu yang penting mentalnya tidak pemalas dan bukan hanya ikut-ikutan karena itu harus sungguh-sungguh,” katanya.

Bagi warga yang transmigrasi, kata dia, akan disediakan rumah dan lahan 2 hektare untuk digarap. Mereka juga akan diberikan jatah untuk memenuhi kebutuhan pokok selama belum bisa panen. “Sebelum diberangkatkan calon transmigrasi akan dilatih dulu soal bertaninya,” katanya. (SUTANTO)***

Tags: Pemkab Serang

 
Tinggalkan komentar

Berita Terkait

Tuliskan Komentar Anda

(Wajib Diisi)
(Wajib Diisi)