FOTO : Jalan Putus Langsung Ditangani

  Editor :  Krisna Widi Aria

 

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Banten Sutadi, langsung meninjau jalan putus yang ada di Kampung Selawe, Desa Mekarsari, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, Selasa (22/1).

Jalan provinsi yang putus akibat tanah longsor dan diterjang arus air itu, langsung ditangani DBMTR Banten. Sutadi mengatakan, meskipun hanya ada alokasi anggaran Rp 2 miliar untuk penanganan jalan rusak akibat bencana selama setahun, namun tidak membuat instansinya lamban dalam merespons adanya jalan putus tersebut.

“Kita langsung tangani meskipun tidak dibangun secara permanen dulu karena disesuaikan dengan alokasi anggaran kita yang ada. Berdasarkan hitung-hitungan kasar dana yang diperlukan untuk membangun jembatan permanen di sini sebesar Rp 3 miliar. Tapi untuk saat ini, kita perbaiki saja dulu dan yang terpenting bisa dilalui sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat sekitar,” ujar Sutadi saat melakukan peninjauan di lokasi, Selasa (22/1).

Sutadi menambahkan, untuk pembangunan jembatan secara permanen pihaknya akan berkonsultasi dengan DPRD Banten terkait pengalokasian anggaran. Apakah bisa dengan menggeser anggaran untuk pembangunan jalan dan jembatan yang sudah dialokasikan namun belum terlalu mendesak atau harus menunggu sampai turun anggaran perubahan.

“Karena ini namanya bencana alam, tidak kita prediksi sebelumnya. Sehingga tidak ada alokasi anggarannya. Hanya ada Rp 2 miliar itupun untuk setahun. Oleh sebab itu, besok (hari ini-red) rencananya saya akan bertemu dengan Komisi IV DPRD Banten untuk membicarakan anggarannya,” ungkapnya. Untuk aktivitas warga sekitar, DBMTR Banten membangun jembatan dari bambu. (bon)***


Tag : DBMTR Banten