Candra menunjukkan landak mini yang dijualnya.  ( Bemby )

Bisnis Usaha Penjualan Landak Mini

  Editor : 

 

SERANG-Landak mini atau hedgehog merupakan hewan pengerat berasal dari daratan Afrika yang hampir punah dan kemudian hewan tersebut dikembangbiakan di Thailand dan kin tersebar ke Indonesia. Hewan berbulu tajam ini ternyata bisa jinak dapat dipelihara.

Hewan kecil ini berukuran seperti anak ayam. Untuk kehalusan bulunya sendiri seperti sikat pencuci baju, jika landak tersebut kaget bulunya akan tajam seperti duri. Tempat atau kandang untuk landak mini ini biasanya di akuarium fiber atau akrilik yang diisi serbuk kayu.

Candra Kusuma Yusrin,penjual landak mengawali bisnis berjualan landak dari hobinya memelihara hewan ini. Ia mengaku iseng-iseng membeli sepasang landak kemudian dipelihara dan diternak hingga mencapai 60 ekor.

Berbagai jenis landak ia pelihara dan dijual seperti albino, salt papper,charcoal, platinum, brown, ruby eyed cinnicot, champagne, dan toby great. Landak mini dijual dimulai dari harga Rp 450 ribu hingga Rp 500 ribu. "Untuk promosi saat ini masih dari mulut ke mulut karena saya berternak tidak lama, baru satu setengah tahun," ucap Candra.

Dalam penjualan hewan landak mini ini Candra biasa laku dua pasang dalam satu minggu. Daya hidup seekor landak mini sekira delapan tahun bahkan jika perwatannya baik, daya hidupnya bisa lebih. Candra memaparkan bahwa perawatan hewan ini sangat mudah. "Makan dan minum sehari dua kali serta mandi dua minggu sekali. Dan untuk makan berupa cacing hongkong,"terangnya. (BEMBY)


Tag : usaha