170 Pebalap Ikuti Downhill Superchamp 2013

  Editor :  Aas Arbi

 

SERANG – Sebanyak 170 pebalap sepeda gunung dari seluruh Indonesia mengikuti Mahaka Cycling Downhill Superchamp 2013 di Gunung Pinang, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, 26-28 April.  Acara yang digelar Mahaka Cycling dan Vulcano Mount Bike Banten, ini mempertandingkan sebelas kelas, yakni Men Elite, Men Open, Junior, Youth, Women Open, Master Expert Open, Master A, Master B, Master C, Newbie A (<34 tahun), serta Newbie B (>35 tahun).

Tak hanya itu, panitia juga mengadakan kelas tambahan, yakni super champion dan superscrub best trick yang merupakan kejuaraan elite bertaraf internasional. Format ini adalah yang pertama kali diadakan di Indonesia dengan memilih 15 pebalap yang dapat ikut serta berdasarkan hasil seleksi dari panitia, yakni mempertandingkan top five pebalap dari kelas Men Elite, Men Expert dan Junior.

Race Director Downhill Superchamp Pyandono menyatakan, kejuaraan ini merupakan agenda tahunan Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI). “Hari ini kami mempersilakan seluruh pebalap untuk mengikuti latihan resmi agar bisa lebih mengenal track. Perlombaan akan digelar 27-28 April. mudah-mudahan kejuaraan ini bisa berlangsung sukses,” kata Pyandono, Jumat (26/4).

Lebih lanjut, ia mengatakan, untuk menambah semangat para pebalap yang mengikuti kejuaraan ini, pihaknya sudah menyediakan beberapa hadiah bagi para juara nanti. “Kami menyediakan trofi bagi juara I, II dan III serta piagam hingga lima terbaik. Selain itu, dari pihak sponsor juga akan memberikan produk barang berupa alat sepeda. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan uang tunai dengan jumlah total mencapai Rp80 juta,” katanya.

Kata Pyandono, track yang dimiliki Gunung Pinang Downhill ini sudah bertaraf internasional. Panjang lintasan mencapai 2.200 meter dengan ketinggian 200 Mdpl. “Sebelumnya, track ini pernah digunakan kejuaraan internasional pada 2010 di ajang Specialist International Downhill, banyak pebalap mancanegara yang ikut serta pada waktu itu. Oleh karena itu, track ini bisa menguji adrenalin serta skill para pebalap nasional,” ujarnya.

Sementara Ketua Marshal Pengamanan Track Abah Sumarna mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan 24 petugas untuk mengontrol lintasan track di sejumlah lokasi. “Kami bakal semaksimal mungkin untuk mengamankan lintasan, supaya para pebalap bisa leluasa saat melewati track-track cukup terjal yang dimiliki Gunung Pinang Downhill ini,” ujarnya. (NIZAR)



Tag : Downhill Superchamp 2013