IAIN Banten Siap Gelar Pionir

  Editor :  Aas Arbi

 

pionirbaru.jpg
SERANG - Sebagai tuan rumah Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (Pionir) VI 2013, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten menyatakan kesiapannya menggelar kegiatan ini. Ajang yang dihelat mulai 19 Agustus hingga 24 Agustus 2013 ini akan diikuti 2.500 peserta yang berasal dari perguruan tinggi agama Islam negeri (PTAIN) se-Indonesia.

Diketahui, pada Pionir VI 2013 ini akan mempertandingkan tujuh cabang olahraga (cabor), lima perlombaan seni, dua perlombaan ilmiah, dan satu perlombaan riset. Cabor yang dipertandingkan, yakni futsal, voli, catur, bulu tangkis, pencak silat, tenis meja, dan panjat tebing. Perlombaan seni, yaitu kaligrafi, tilawah, tahfidz, pop solo islami, dan desain busana muslim. Adapun untuk perlombaan ilmiah, yaitu debat bahasa Arab dan Inggris. Sementara, untuk riset, yaitu lomba hasil penelitian.  

Ketua Panitia Pionir VI Suadi Sa'ad mengatakan, persiapan panitia sudah mencapai 99 persen dan sisa satu persennya hanya menunggu kedatangan peserta. “Kita sudah siap dan tinggal melaksanakan saja. Mulai dari venue pertandingan, penyambutan kontingen, pembukaan, dan hingga penutupan sudah kita persiapkan sebaik mungkin,” Suadi di ruang Sekretariat Panitia di Kampus IAIN SMH Banten, Ciceri, Kota Serang, Selasa (13/8), seperti diberitakan Radar Banten hari ini.

Dia berharap, perhelatan akbar ini berlangsung sukses dari awal sampai akhir. “Mudah-mudahan, tidak ada kendala apa pun dan pelaksanaan Pionir VI berlangsung sukses. Kita bertekad ingin menjadi tuan rumah yang sukses penyelenggaraan,” katanya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan IAIN SMH Banten ini menambahkan, acara pembukaan digelar pada Senin (19/8) di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang, sekira pukul 08.00 WIB. Rencananya, acara dibuka langsung Menteri Agama Republik Indonesia Suryadharma Ali. Selain itu, akan dihadiri Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Walikota Serang Tb Haerul Jaman, Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman. “Semua pejabat di Banten kami undang,” katanya.

Bahkan, katanya, khusus Menteri Agama Suryadharma Ali dijadwalkan sudah hadir di Kota Serang sejak Minggu (18/8). “Ini karena pada malam harinya, sekitar pukul 19.00 WIB kita akan menggelar gala dinner dengan Rektor PTAIN se-Indonesia dan perwakilan kontingen di Hotel Ratu Bidakara,” imbuh Suadi.

Pada bagian lain, Sekretaris Panitia Pionir VI Hidayatullah menyatakan, untuk semua pertandingan akan dimulai pada Selasa (20/8). “Setelah acara pembukaan, kita langsung melakukan technical meeting (taklimat). Jadi, Senin (19/8) hanya acara pembukaan saja,” ujarnya.

Sampai saat ini, lanjutnya, semua kontingen telah melakukan daftar ulang. Hanya saja, beberapa kontingen masih ada yang belum melengkapi persyaratan, seperti melampirkan kartu mahasiswa peserta. Namun, hal itu masih bisa ditoleransi lantaran kontingen tersebut berada di luar Pulau Jawa, seperti Kontingen Samarinda, Ternate, dan Makassar. “Mereka berjanji akan melangkapinya sebelum acara pembukaan dilangsungkan. Mereka memilih membawa sendiri kelengkapan persyaratannya. Kalau kontingen yang lain sudah mengirimnya. Tapi, itu tidak menjadi masalah,” tutup Hidayatullah. (RB)



Tag : Pionir VI 2013