( * )

Pantos Gelar Kejuaraan Catur Non Master di Pandeglang

  Editor :  Aas Arbi

 

PANDEGLANG – Pandeglang Town Square (Pantos) menggelar turnamen catur non master pada 6-7 April mendatang. Kejuaraan yang sudah menginjak tahun kedua ini bakal digelar di Ball Room Pantos, Jalan Raya Serang KM 3, Cigadung, Pandeglang. Panitia optimistis kejuaraan ini akan diikuti lebih dari 100 pecatur.
    
Koordinator Pelaksana Pantos Cup II Erna Setiadharma mengungkapkan, pihaknya sudah menyediakan total hadiah sebesar Rp 8,5 juta beserta piala dan piagam untuk tiga juara beregu dan 15 peringkat perorangan. “Hadiah ini untuk memotivasi para pecatur agar lebih semangat bertanding. Kita harapkan dari ajang ini akan melahirkan para pecatur andal di Banten,” ungkap Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pandeglang ini, Senin (1/4), dikutip dari Radar Banten hari ini.

Pria yang akrab disapa Obod ini menyatakan, turnamen ini menggunakan sistem swiss 7 babak. Untuk penilaian, panitia mempercayakannya kepada para juri. “Setiap regu terdiri atas empat orang, setiap pemain diberikan kesempatan bermain sebanyak tujuh kali, baik itu menang, kalah, atau draw. Biasanya, penilaian tergantung dari banyak kemenangan dari setiap perorangan yang bermain dari regu tersebut,” katanya.

Obod mengatakan, kegiatan tersebut bisa diikuti oleh semua kalangan baik pelajar, mahasiswa, pegawai negeri, maupun swasta, serta kalangan umum lainnya. “Dengan banyaknya peserta yang mengikuti ajang Pantos Cup II, saya berharap, kegiatan ini bisa lebih sukses dan meriah dari tahun lalu,” ujarnya.

Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Pandeglang Abdul Azis mengungkapkan dukungannya pada kejuaraan itu. Kata dia, kegiatan itu bisa dijadikan ajang pemanasan sebelum menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV 2014 yang akan berlangsung di Kota Serang. “Ajang ini bisa dijadikan tolok ukur dan bisa menambah jam terbang bagi pecatur Pandeglang dalam menghadapi Porprov IV nanti,” ujarnya. (RB)


Tag : catur