#

Tips Sukses dalam Interview Kerja

Editor : Krisna Widi Aria

Photo
(net)


Mendapatkan pekerjaan pasti akan dilewati dengan beberapa proses recruitment. Interview adalah salah satu prosesnya. Banyak orang gagal dalam seleksi interview dikarenakan tidak memiliki dasar interview yang baik. Untuk menjadi pemenang dalam seleksi interview, di bawah ini adalah beberapa tips sukses interview yang harus anda ketahui saat melamar pekerjaan. Nah, silakan saja lihat beberapa point penting dalam interview di bawah ini:

1. PERKENALKAN DIRI ANDA
Perkenalkan diri anda dengan mantap dan jelas. Teknik yang di pakai adalah 3P; P(Pause), P(Part), P(Punch).
2. EYE CONTACT
Lihatlah mata orang yang menginterview anda. Hal ini dimaksudkan bahwa anda cukup percaya diri sekaligus juga menjadi penilaian buat yang menginterview anda, bahwa anda memang percaya diri. Yang perlu dihindari adalah; melotot, jelalatan dan fokus penglihatan. Maksudnya, fokus melihat ke mata si-penguji. Tapi, sesekali alihkan pandangan anda tidak jauh dari mata sang penguji. Kemudian kembali lagi melihat ke mata sang penguji.
3. JABAT TANGAN dengan MANTAP
Sesi jabat tangan juga penting dalam interview. Pastikan tangan anda tidak basah, dan jabatlah tangan sang penguji dengan erat. Waktu berjabat tangan juga harus terkontrol. Kalau dalam proses interview, biarkan sang penguji yang melepas jabat tangan terlebih dahulu. Karena kita adalah tamu di sana.
4. DUDUK HARUS PROFESIONAL
Posisi duduk saat interview juga sangat penting. Walaupun saat interview anda duduk di kursi yang punya sandaran, baiknya anda tetap duduk tegak tanpa bersandar. Posisi tangan juga harus diperhatikan saat duduk. Kalau didepan anda ada meja, silahkan letakkan tangan anda di atas meja dengan rileks. Nah, jika di depan anda posisi meja jauh, letakkan tangan anda di atas kedua paha anda.
5. PIKIR SEBELUM BICARA
Saat pewawancara memberikan pertanyaan kepada anda, dengarlah baik-baik. Tunggu hingga sang interviewer selesai memberikan pertanyaan, kemudian jawab.

Beberapa elemen penting dalam hal ini adalah: Listen, Rephrase, Check, Answer dan recheck.
Listen: Dengarkan pertanyaan hingga selesai.
Rephrase: Ulangi pertanyaannya secara singkat. Maksudnya adalah mengulang inti pertanyaan interviewer.
Check: cek artinya memastikan bahwa konfirmasi rephrase-nya benar, contoh kalimat cek : betul begitu pak/bu???
Answer: Pikirkan terlebih dahulu, kemudian jawab dengan singkat,padat,lugas dan jangan menambahkan bunga kalimat yang tidak ada hubungannya dengan pertanyaan.
Re-check: Artinya, memastikan jawaban yang kita berikan sudah menjawab pertanyaan sang interviewer apa belum. Anda bisa menanyakan dengan: Apa sudah menjawab pak/bu atau seperti itu cerita/kronologinya pak/bu. Anda harus menanyakan dengan sopan.

Nah, itulah tips sukses interview seperti yang kami kutip dari kaskus, yang bisa anda praktekkan saat menjalani proses interview dalam seleksi pekerjaan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua hingga sukses mendapatkan pekerjaan yang sedang kita lamar.***

Tags: Interview Kerja

 
Tinggalkan komentar

Berita Terkait

Tuliskan Komentar Anda

(Wajib Diisi)
(Wajib Diisi)