google.com.

Tips Melamar Pekerjaan Lewat Internet

  Editor : 

 

Sejumlah perusahaan kini memanfaatkan internet untuk mencari tenaga kerja karena langkah ini lebih efektif dan efisien. Bagi para pencari kerja, tren melamar pekerjaan lewat internet juga sangat menguntungkan karena bisa mengurangi berbagai biaya pembuatan surat lamaran, seperti untuk pembelian kertas, pena, amplop, prangko, dan sebagainya. Cukup dengan jaringan internet yang ada, pencari kerjaan bisa mengirimkan file-file lamaran pekerjaannya ke berbagai perusahaan.
Berikut ini ada beberapa tips yang dikumpulkan dari berbagai sumber agar sukses dalam melamar pekerjaan lewat internet.
1.    Sebelum mengirimkan lamaran, pelajari dan cari informasi terlebih dahulu perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja Anda, misalnya tentang produknya, lokasi perusahaan, jenis pekerjaan yang dibutuhkan, dan sebagainya. Karena bisa saja perusahaan yang membutuhkan tenaga Anda ternyata lokasinya berada di tempat yang sangat jauh dari tempat tinggal Anda dan Anda tidak siap untuk ke sana sehingga akan percuma saja lamaran yang Anda kirimkan karena Anda ternyata tak berminat untuk bekerja di perusahan itu.
2.    Siapkan berkas lamaran dalam bentuk file-file dengan benar dan lengkap. Sebaiknya berkas discan warna agar semua berkas aslinya dapat terbaca baca dengan jelas dan sesuai aslinya. Anda harus memikirkan apakah lamaran kerja yang akan anda masukkan akan langsung di kirim ke website/email perusahaan langsung atau melalui portal penyedia lowongan kerja. Saat ini banyak sejumlah portal yang menyediakan jasa lowongan pekerjaan yang bisa Anda ketahui lewat mesin pencarian.
3.    Isi biodata pribadi Anda dengan jelas dan jujur. Cantumkan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja Anda yang bisa menambah nilai lebih bagi perusahaan pencari kerja untuk melirik Anda. Jangan lupa cantumkan lokasi tempat tinggal dan kontak person Anda secara benar untuk memudahkan perusahaan bila akan menghubungi Anda.
4.    Buatlah lamaran pekerjaan dengan benar, rapi,  enak dibaca, terstruktur, berurutan dan jelas. Gunakan ukuran huruf standa antara 10 hingga 12pt.
5.    Setelah Anda kirimkan, pantau terus kotak masuk email Anda. Karena bisanya selain menggunakan telepon dan surat, perusahaan juga biasanya memberikan balasan atas surat lamaran Anda melalui email. (qizink/berbagai sumber)



Tag : tips