Orang Tua Harus Jadi Partner Anak

  Editor : 

 

CILEGON-  Dalam rangka meningkatkan kualitas dalam mendidik anak, Pengurus Jamiah Yayasan Pendidikan Krakatau Steel (YPKS) Cilegon menggelar seminar pendidikan "Seri Tauladan dalam Mendidik Anak". Acara yang diikuti rastusan wali murid ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Pusdiklat KS, Sabtu (23/2) pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Dona Ratna, panitia acara, mengungkapkan, orang tua harus menjadi figur idola bagi anaknya. Sulitnya mendidik anak merupakan tantangan besar bagi orang tua. Orang tua dituntut untuk lebih waspada dan lebih pintar dalam menyikapi perkembangan zaman, supaya bisa memberikan contoh dan bimbingan yang baik kepada anak. Pendekatan dalam mendidik anak harus  memberikan contoh yang baik selain dengan ajakan. "Dengan demikian anak-anak akan merasa apa yang dilakukannya bukan karena perintah, tetapi menjadi kebiasaan karena melihat orang tua mereka melakukan kegiatan mendidik setiap hari," ungkap Dona.

Budi Prayitno, Trainer Spiritual Parenting dari Mizan Jakarta menjelaskan pola mendidik anak yang beragam. Menurutnya, orang tua sebaiknya menjadi partner untuk anak-anaknya. Dengan pola hubungan semacam ini baik orang tua maupun anak bisa saling belajar satu sama lain. (WAHYUDIN)


Tag : seminar parenting