Ade Indra.

Piaggio Liberty 100 di showroom PT Meta Dwiguna Transcorp Cabang Serang, Jalan A Yani, Kota Serang.

Piaggio Liberty 100, Ikon Anak Muda

  Editor :  Aas Arbi

 

SEBAGAI model andalan yang mewakili nilai premium Piaggio untuk ikon anak muda, Piaggio kembali menghadirkan motor baru yaitu Liberty 100. Liberty 100 hadir dengan menyuguhkan fitur-fitur yang unik dan berbeda dari sebuah kreativitas asal Italia dengan tetap mempertahankan nilai-nilainya sebagai sebuah merek yang tidak lekang oleh waktu.

“Yang pasti tidak menghilangkan konsep gaya dan futuristik dari Piaggio,” ujar Manajer Operasional PT Meta Dwiguna Transcorp Cabang Serang Erwin Mahendra di kantornya, Rabu (27/2).

Untuk motor ini, lanjut Erwin, Piaggio kembali menawarkan desain mewah sebuah motor khas Italia. Dengan akselerasi lebih cepat, Piaggio Liberty 100 dapat diandalkan ketika harus melewati jalanan macet. “Apalagi sekarang motor ini didukung dengan kapasitas tangki bahan bakar terbesar di kelasnya yaitu lima liter,” ujarnya.

Dibanding motor lawasnya yaitu Liberty 150 i.e, desain motor ini lebih keren. Lampu sein depan tetap mengikuti yang lawas. Hanya pada bagian pinggir lampu, pada Liberty 100 menggunakan warna hitam dengan bahan sama pada bodi motor. “Kalau yang Liberty 150 i.e menggunakan bahan chrome,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, kesan retro pun tidak berubah dengan kehadiran spion lonjong dan bodi motor yang sama lebar dengan versi lama yaitu 705 mm. Tampilan dashboard juga cukup modern dan mudah dibaca, baik itu panel speedometer maupun panel status bahan bakar. “Retro memang kita pertahankan, karena ini ciri khas Piaggio,” terangnya.

Untuk dapur pacu, motor ini dilengkapi mesin 96 cc 4 langkah, silinder tunggal, dua katup, dan mampu menghasilkan tenaga 4.2 kW pada 6.750 rpm serta torsi 6.5 Nm pada 5.550 rpm. Untuk sistem pengapian, memakai sistem pengapian karburator. “Kalau soal pengapian memang kalah beda dengan yang lama, tapi kita ingin memberikan konsep motor yang khusus untuk di kota,” tuturnya.

Untuk sistem transmisi, Piaggio Liberty 100 memakai sistem transmisi CVT Otomatis yang mudah dioperasikan dan tidak terlalu rumit untuk menjalankan. “Motor ini juga mempunyai kelebihan lain, yaitu kaki-kaki depan dan belakang sudah dilengkapi dengan ban tubeless yang tidak mudah bocor saat terkena paku, sama dengan yang lama,” ungkapnya.

Motor yang dibandrol Rp 16 juta ini dipercantik tiga varian warna yaitu merah, biru, dan cokelat. “Kalau yang cokelat itu varian baru warna Liberty 100. Motor ini bisa saja dihitung sebanding dengan yang Liberty 150 i.e,” tukasnya. (rb)



Tag : Piaggio Liberty 100